PERANCANGAN FILM PENDEK SEBAGAI MEDIA EDUKASI PADA REMAJA USIA 16 - 24 TAHUN

GUNAWAN, ADJIE DWINANDA (2024) PERANCANGAN FILM PENDEK SEBAGAI MEDIA EDUKASI PADA REMAJA USIA 16 - 24 TAHUN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (434kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)

Abstract

This short film as an educational medium can be a fairly effective solution to overcome the problem of game addiction in adolescents. This study aims to design short films as educational media that can provide adolescents aged 16 - 24 with an understanding of the dangers of game addiction. The methods used in this research are observation, interviews, and literature study. The results of this study indicate that game addiction is a problem that often occurs in adolescents and can have a negatif impact on adolescent health and physique. Therefore, an effective educational media is needed to overcome this problem. The resulting short film design has the theme of teenagers who are addicted to games and are negatifly impacted on their health and physique. The story of this film describes a teenager who doesn't know the time while playing the game, until he doesn't realize that he has been affected by the impact on his health and physique, The trial results show that this short film has succeeded in providing a better understanding of the dangers of game addiction in adolescents. It is hoped that this short film can be an effective educational medium to overcome the problem of game addiction in adolescents aged 16 - 24 years. Keywords: Short films, education, game addiction, teenagers Film pendek sebagai media edukasi ini dapat menjadi solusi yang cukup efektif untuk mengatasi masalah kecanduan game pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk merancang film pendek sebagai media edukasi yang dapat memberikan pemahaman kepada remaja usia 16-24 tahun tentang bahaya kecanduan game. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kecanduan game merupakan masalah yang sering terjadi pada remaja dan dapat berdampak negatif pada kesehatan dan fisik remaja. Oleh karena itu, dibutuhkan media edukasi yang efektif untuk mengatasi masalah ini. Rancangan film pendek yang dihasilkan mengangkat tema tentang remaja yang kecanduan game dan terkena dampak negatif pada kesehatan dan fisiknya. Cerita film ini menggambarkan remaja yang tidak tau waktu ketika sedang bermain gamenya, sampai tidak sadar kalau dia sudah terkena dampaknya pada kesehatan dan fisiknya. Hasil uji coba menunjukkan bahwa film pendek ini berhasil memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bahaya kecanduan game pada remaja. Diharapkan film pendek ini dapat menjadi media edukasi yang efektif untuk mengatasi masalah kecanduan game pada remaja usia 16-24 tahun. Kata Kunci: Film pendek, edukasi, kecanduan game, remaja

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DKV. 24 009
NIM/NIDN Creators: 42319010056
Uncontrolled Keywords: Film pendek, edukasi, kecanduan game, remaja
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan > 374 Adult Education/Pendidikan untuk Orang Dewasa
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan > 374 Adult Education/Pendidikan untuk Orang Dewasa > 374.2 Groups, Media, Computers in Adult Education/Kelompok, Media, Komputer dalam Pendidikan Orang Dewasa
600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi > 604 Technical Drawing/Menggambar Teknik, Hazardous Materials Technology/Teknologi Bahan Berbahaya, groups of people/Kelompok Masyarakat > 604.2 Technical Drawing/Menggambar Teknik > 604.24 Specific Drafting Procedures and Conventions/Prosedur dan Konvensi Perancangan Spesifik
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:03
Last Modified: 26 Feb 2024 02:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86507

Actions (login required)

View Item View Item