PRIYATMOKO, ADI (2017) ANALISA PENGARUH VALVE CLEARANCE ADJUSTMENT TERHADAP VIBRASI MESIN DAN CABIN PADA MOBIL HONDA ACCORD TIPE CR2. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf Download (574kB) |
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (101kB) |
|
Text (BAB I)
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
Text (BAB II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) |
|
Text (BAB III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) |
|
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
|
Text (BAB V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
Abstract
Metoda konvensional yang dipakai di masa lalu masih banyak dilakukan oleh teknisi untuk menentukan ada tidaknya gangguan pada suatu mesin salah satu satunya dengan meraba mesin tersebut dan mendengarkan suara yang timbul dari getaran mesin atau suati sistem. Seiring dengan berkembanganya teknologi, cara tersebut kuranglah tepat tepat dan akurat untuk digunakan dalam melakukan analisa vibrasi. Maka dalam hal ini diperlukan suatu alat untuk mengukur tingkat getarantersebut secara akurat. Microstone MVP-RF8-BC, merupakan salah satu untuk mengukur tingkat getaran dengan sejumlah parameter kelengkapannya.analisa yang dilakukan pada kedaraan Honda Accord tipe CR2 difokuskan pada area mesin dan cabin untuk mengamati karakteristik vibrasi dari proses valve clearance adjustment pada mesin. Melalui serangkaian pengambilan data dengan tingkat putaran mesin 700 Rpm, 1000 Rpm dan 1500 Rpm serta ditentukan tingkat valve clearance rapat In 0,21mm & Ex 0,25mm, sedang In 0,23 & Ex 0,27mm, dan renggang In 0,25mm & Ex 0,29mm. Hasilnya diketahuhui nilai acceleration dengan tingkat Valve Clearance yang semakin kecil atau rapat akan mengakibatkan getaran yang semakin besar, hal ini diakibatkan karena unbalance force yang timbul pada mesin yang semakin tinggi. Didapat suatu kesimpulan bahwa terjadi penurunan nilai acceleration saat Valve Clearance yang telah di lakukan adjustment dengan nilai clearance renggang (In 0,25mm & Ex 0,29mm) akan menghasilkan nilai vibrasi yang paling minim pada berbagai kondisi putaran mesin dan akan menigkatkan nilai kenyamanan dalam berkendara. Kata Kunci : Getaran, Vibrasi, Acceleration, Valve Clearance, Getaran Mekanis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/MSN. 17 133 |
NIM/NIDN Creators: | 41314120043 |
Uncontrolled Keywords: | Getaran, Vibrasi, Acceleration, Valve Clearance, Getaran Mekanis. |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | ADELINA HASNA SETIAWATI |
Date Deposited: | 23 Dec 2023 08:34 |
Last Modified: | 23 Dec 2023 08:34 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84895 |
Actions (login required)
View Item |