TRIANI, ANNISA RATU (2021) ANALISIS STRATEGI PUBLIC RELATIONS FOODBANK OF INDONESIA DALAM MEMBANGUN PUBLIC AWARENESS TERHADAP KASUS KELAPARAN PADA BALITA DI INDONESIA (Studi Kasus Gerakan Kampanye Aksi 1000 Bunda untuk Indonesia oleh Foodbank of Indonesia). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
|
Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
|
Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
|
Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
|
Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
Abstract
This research focuses on analyzing the Public Relations Strategy used by the Foodbank of Indonesia in the 1000 Mother Action campaign movement for Indonesia which aims to build public awareness of cases of hunger in children under five in Indonesia so that no generations will be lost in the future. In this study using Public Relations theory using two main concepts, namely Public Relations Strategic Planning by MA Morissan which consists of Public Relations Program Planning, Implementation of Public Relations Programs and Evaluation of Public Relations Programs and Public Relations Strategies by Firsan Nova which consists of Publication, News (Media Relations), Events, Community Involvement, Social Responsibility. In this study using a qualitative research approach and a case study research method with data sources obtained through primary data by conducting in-depth interviews with seven key informants from internal and external concerned with Foodbank of Indonesia in the 1000 Mother Action campaign movement for Indonesia and secondary data by reading , studying, and analyzing documents available from Foodbank of Indonesia. The results of the research obtained are that the Foodbank of Indonesia through the 1000 Mother Action campaign has succeeded in gaining public awareness of cases of hunger in children under five in Indonesia so that no generations will be lost in the future through five of the seven Public Relations strategies by Firsan Nova, namely publishing campaigns through social media, website and YouTube, organizing webinars and awarding events, making coverage with mass media and online media, creating community involvement programs and CSR programs. Keywords: Public Relations Strategy, Public Awareness; Foodbank of Indonesia, The Case of Hunger in Toddlers in Indonesia Penelitian ini berfokus untuk menganalisis strategi Public Relations yang digunakan oleh Foodbank of Indonesia dalam gerakan Kampanye Aksi 1000 Bunda untuk Indonesia yang bertujuan untuk membangun public awareness masyarakat terhadap kasus kelaparan pada balita di Indonesia agar tidak ada generasi yang hilang di masa yang akan datang. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teori Public Relations, yaitu Perencanaan Strategi Publik Relations yang terdiri dari Perencanaan Public relations, Implementasi Program Public Relations serta Evaluasi Program Public Relations dan Strategi Public Relation yang terdiri dari Publication, News (Media Relations), Event, Community Involvement, Social Responsibility. Jenis data adalah data primer dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan tujuh key informan dari internal dan eksternal yang bersangkutan dengan Foodbank of indonesia dalam Gerakan Kampanye Aksi 1000 Bunda. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data pattern matching atau mencocokkan pola yaitu dengan melakukan perbandingan pola yang didasari empiris dengan pola yang diprediksikan atau beberapa alternatif prediksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Foodbank of indnesia secara keseluruhan telah menerapkan perencanaan strategi Public Ralations dari Ruslan dengan beragam pengembangan yang menyesuaikan kondisi lapangan. Hal ini memiliki dampak positif dari segi perubahan perilaku masyarakat yang terlibat dalam kegiatan kampanye Aksi 1000 bunda untuk Indonesia pada kasus kelaparan pada balita melalui lima dari tujuh strategi Public Relations oleh Firsan Nova, yaitu mempublikasikan kampanye melalui sosial media, website dan youtube, membuat acara webinar dan awarding, membuat liputan dengan media massa dan media online, membuat program community involvement serta program CSR. Kata kunci: strategi Public Relations, Public Awareness, Foodbank of Indonesia, Kasus Kelaparan pada Balita di Indonesia
Actions (login required)
View Item |