HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRESS AKADEMIK SAAT PEMBELAJARAN PASCA DARING PADA MAHASISWA PEKERJA

YOLANDA, SAHADOEN MARIA BLANCKE NENITA (2023) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRESS AKADEMIK SAAT PEMBELAJARAN PASCA DARING PADA MAHASISWA PEKERJA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

This study aimed to determine and understand the correlation between social support and academic stress during post-online learning for working students. The method was taken using statistical G-Power application with an accidental sampling technique, so a sample of 111 respondents was obtained, which was brought based on coincidence and according to the specified criteria. Data was collected using the Student-Life Stress Inventory psychological scale and the Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS). The results indicate a significant correlation between social support and academic stress (p <0.05), with a significance value of p = 0.05. The correlation coefficient of this hypothesis test is -0.826, which indicates a negative correlation between the two variables. It can be interpreted as the higher the social support received by working students, the lower the academic stress they have experienced Keywords: Social support, Working Students, Online Learning, Academic Stress Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami terkait hubungan antara dukungan sosial dengan stress akademik saat pembelajaran pasca daring pada mahasiswa pekerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kuantitatif dengan jenis korelasional. Sampel diambil menggunakan bantuan aplikasi G-Power statistik dengan teknik sampling yakni accidental sampling, yang mana diambil berdasarkan kebetulan dan sesuai kriteria yang ditentukan berjumlah 111 responden. Data dikumpulkan menggunakan skala psikologi yakni Student-life Stress Inventory dan Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS). Hasil yang didapatkan pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara dukungan sosial dan stress akademik (p < 0,05) dengan nilai signifikansi p=0,05. Koefisien korelasi dari uji hipotesis ini adalah -0,826 yang menunjukan hubungan negatif dari kedua variabel. Hal itu bisa diartikan dengan semakin tinggi dukungan sosial yang diterima oleh mahasiswa pekerja, maka semakin rendah pula stress akademik yang dirasakan. Kata Kunci : Dukungan Sosial, Mahasiswa pekerja, Pembelajaran Daring, Stress Akademik

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 23 106
NIM/NIDN Creators: 46118110035
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial, Mahasiswa pekerja, Pembelajaran Daring, Stress Akademik
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 700. Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 701 Philosophy and Theory of Fine and Decorative Arts/Filsafat dan Teori Seni Rupa dan Seni Hias > 701.1 Aprreciative Aspect/Aspek Apresiasi > 701.15 Psychological Principles/Prinsip Psikologi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 781 General Principles of Music and Musical Form/Prinsip-prinsip Umum Musik dan Bentuk-bentuk Musikal > 781.1 Basic Principles of Music/Prinsip Dasar Musik > 781.11 Pschological Principles/Prinsip Psikologi
800 Literatures/Kesusastraan > 800. Literatures/Kesusastraan > 801 Philosophy and Theory of Literatures/Filsafat dan Teori Kesusastraan > 801.9 Psychology of Literatures/Psikologi Kesusastraan, Psikologi Sastra > 801.92 Psychology/Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:13
Last Modified: 29 Sep 2023 03:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/81605

Actions (login required)

View Item View Item