YUNIADI, SLAMET (2023) ANALISIS DESIGN CHASSIS ALAT ANGKUT BUAH SAWIT KAPASITAS 500 KG DENGAN METODE ELEMEN HINGGA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (526kB) |
|
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB I)
03 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
|
Text (BAB II)
04 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
05 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (887kB) |
|
Text (BAB IV)
06 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
|
Text (BAB V)
08 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
Abstract
saat ini perkebunan kelapa sawit di Indonesia luasnya semakin meningkat. Namun, kondisi perkebunan kelapa sawit umumnya memiliki infrastruktur yang sangat minim. Oleh karena itu, dibutuhkan alat pengangkut buah sawit yang dapat bergerak di wilayah perkebunan yang memiliki infrastruktur yang minim serta memiliki kemampuan untuk berbelok dengan radius belok yang kecil. Chassis adalah komponen paling utama pada setiap kendaraan. Chassis adalah komponen yang digunakan untuk menopang muatan, body kendaraan, mesin, serta pengemudinya. Semakin berkembangnya teknologi di bidang engineering mengharuskan desain chassis dari suatu kendaraan harus ringan namun kuat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan dan faktor keamanan chassis dengan menggunakan Metode Elemen Hingga. Adapun software yang digunakan dalam analisis ini yaitu SolidWorks 2018. Dengan dilakukannya analisis ini, maka akan diketahui safety factor pada desain chassis yang dibuat. Pada desain ini, besarnya faktor keamanan harus lebih dari dua. Pemodelan 3D dan data material diperlukan untuk menjalankan simulasi analisis kekuatan dan faktor keamanan. Material yang akan digunakan dalam perancangan chassis ini yaitu baja ASTM A36. Dari penelitian ini diharapkan chassis mampu menahan muatan maksimal seberat 500 kg dan pengemudi maksimal seberat 100 kg. Dari hasil simulasi menggunakan software SolidWorks 2018 dapat diketahui hasil safety factor ketika melakukan akselerasi sebesar 3, pengereman sebesar 3.4 dan ketika belok sebesar 4.2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa desain chassis tersebut dipastikan aman. Kata Kunci: Chassis, SolidWorks, Analisis, Metode Elemen Hingga
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/MSN. 23 075 |
Call Number: | ST/13/23/042 |
NIM/NIDN Creators: | 41318110035 |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | ADELINA HASNA SETIAWATI |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 06:47 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 06:47 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/79041 |
Actions (login required)
View Item |