BUNAYAH, RAHMA (2023) PENGARUH PERENCANAAN PAJAK DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TRANSPARANSI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Sektor Barang Konsumen Primer Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf Download (119kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
||
Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
||
Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
Abstract
This study aims to analyze the effect of tax planning and managerial ownership on firm value with corporate transparency as a moderating variable. The population in this study are primary consumer goods sector companies listed on the Indonesian stock exchange in the period 2019-2021. The method of determining the sample in this study used purposive sampling technique and obtained 90 samples of observation data. The analytical method used is a multiple linear regression model with the help of the SPSS version 25 program. The results of this study indicate that tax planning and managerial ownership have a positive and significant effect on firm value. Corporate transparency can moderate the effect of tax planning on firm value, but cannot moderate the effect of managerial ownership on firm value. Keywords: Tax Planning, Managerial Ownership, Corporate Transparency, Firm Value Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perencanaan pajak dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan transparansi perusahaan sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di bursa efek Indonesia pada periode tahun 2019-2021. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 90 sampel data observasi. Metode analisis yang dilakukan adalah model regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pajak dan kepemilikan manajerial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Transparansi perusahaan dapat memoderasi pengaruh perencanaan pajak terhadap nilai perusahaan, tetapi tidak dapat memoderasi pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Perencanaan Pajak, Kepemilikan Manajerial, Transparansi Perusahaan, Nilai Perusahaan
Actions (login required)
View Item |