ANALISIS PERENCANAAN PREVENTIVE MAINTENANCE PADA LIFT SIGMA DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (STUDI KASUS DI PT.KELOLA HIJAU SUKSES)

AMAL, AMAL (2020) ANALISIS PERENCANAAN PREVENTIVE MAINTENANCE PADA LIFT SIGMA DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (STUDI KASUS DI PT.KELOLA HIJAU SUKSES). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (BAB II)
3.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB III)
4.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB IV)
5.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text (BAB V)
6.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (BAB VI)
7.BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9.Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)

Abstract

Current technological developments in Indonesia are running fast and are increasingly sophisticated. So that it can be felt in various activities and daily life, especially in the retail and service sector. Baywalk Mall is a mall located in the Green Bay area of North Jakarta and managed by PT. Kelola Hijau Sukses, which uses the Sigma Lift as a supporting facility for visitors to provide comfort and satisfaction while at Baywalk Mall. The existing problem is that the elevator machine is not optimal and there are repairs during operating hours, causing inconvenience for residents and visitors who come. RCM is a method for determining maintenance tasks that will ensure a reliable system design. In other words, RCM is a process used to determine what needs to be done to ensure that all physical assets continue to do what they want to do in their current operating conditions. The treatment used to find and determine maintenance activities is to use the RCM II Decision Worksheet using index of fit and goodnees of fit calculations and analyzed using TTF and TTR. The object under study is 1 elevator which is the reference of all lifts at Baywalk Mall. The results obtained in the calculation of TTR, TTF, Index of fit, Goodness of Fit, and Reliability, obtained 2 (two) critical components, namely the traveling cable and Potocell Sensor with a frequency of damage above 20%. Then from the MTTF results, the maintenance interval for Traveling Cables is 400 hours / 28 days and the Potocell Sensor is 400 hours / 28 days. As well as with the RCM Decision Worksheet it is produced that the two components have to do a proposed task in the form of a scheduled restoration task in order to minimize the failure of the elevator engine components and hopefully there will be no replacement of spare parts or problems during operational hours. Keywords : Preventive Maintenance, Lift Sigma, Relibility Centered(RCM)Time to Failure (TTF), Time to Repair (TTR), Index of Fit, Goodness of Fit Perkembangan teknologi yang ada di Indonesia saat ini berjalan dengan cepat dan semakin canggih. Sehingga dapat dirasakan dalam berbagai kegiatan dan kehidupan sehari-hari, khususnya dalam bidang Retail dan Jasa. Mall Baywalk merupakan mal yang berada di kawasan Green Bay Jakarta Utara dan dikelola oleh PT.Kelola Hiijau Sukses yang menggunakan Lift Sigma sebagai fasilitas penunjang bagi pengunjung untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan saat berada di Mall Baywalk. Permasalahan yang ada yaitu tidak optimalnya mesin lift serta adanya perbaikan disaat jam operasional sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi penghuni maupun pengunjung yang datang. RCM adalah metode untuk menentukan tugas-tugas pemeliharaan yang akan menjamin sebuah perancangan sistem keandalan. Dengan kata lain, RCM merupakan sebuah proses yang digunakan untuk menentukan apa yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa semua aset fisik terus melakukan apa yang penggunaanya ingin dilakukan dalam kondisi operasi saat ini. Perawatan yang digunakan untuk mencari dan menentukan aktifitas perawatan yaitu menggunakan RCM II Decision Worksheet dengan menggunakan perhitungan index of fit dan goodnees of fit serta dianalisis menggunakan TTF dan TTR. Objek yang diteliti adalah 1 lift yang menjadi acuan dari semua lift yang ada di Mal Baywalk. Hasil yang diperoleh dalam perhitungan TTR, TTF, Index of fit, Goodness of Fit, serta Reliability, didapatkan 2 (dua) komponen kritis yaitu kabel traveling dan Sensor Potocell dengan frekuensi kerusakan di atas 20%. Kemudian dari hasil MTTF didapatkan interval perawatan untuk Kabel Traveling adalah 400 jam/28 hari dan Sensor potocell adalah 400 jam/28 hari. Serta dengan RCM Decision Worksheet dihasilkan bahwa kedua komponen harus dilakukan proposed task berupa scheduled restoration task agar meminimalisir kegagalan komponen mesin lift serta diharapkan tidak adanya penggantian sparepart atau kendala pada saat jam operasional. Kata Kunci : Preventive Maintenance, Lift Sigma, Relibility Centered(RCM)Time to Failure (TTF), Time to Repair (TTR), Index of Fit, Goodness of Fit

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 20 146
NIM/NIDN Creators: 41616110108
Uncontrolled Keywords: Preventive Maintenance, Lift Sigma, Relibility Centered (RCM) Time to Failure (TTF), Time to Repair (TTR), Index of Fit, Goodness of Fit
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.3 Bibliographic Analysis and Control/Bibliografi Analisis dan Kontrol Perpustakaan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.4 Subject Analysis and Control/Subjek Analisis dan Kontrol Perpustakaan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA
Date Deposited: 09 Mar 2023 08:27
Last Modified: 09 Mar 2023 08:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/74911

Actions (login required)

View Item View Item