FITRIANDARY, KARTIKA (2020) REDESAIN BUKU MENU KAFE CUBITCX SEBAGAI MEDIA INFORMASI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01_Cover.pdf Download (519kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02_Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
||
Text (BAB II)
03_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
||
Text (BAB III)
04_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
Text (BAB IV)
05_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (981kB) |
||
Text (BAB V)
06_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
||
Text (BAB VI)
07_Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
Abstract
Recently, a large amount of cafés as alternatives to restaurants have spread across major cities. Supported by the development of the social medias, café has become a unique place for young people. Not just to hang out, but also as the part of their digital culinary content that will be shared to their social medias. Due to this phenomenon, a café’s assets must be visually interesting and worth to be shared publicly, including the menu design. Menu that usually can only be seen by the guest, thanks to modern technology, can also be seen through the internet or applications. CubitCX café‘s menu redesign has the purpose to increase the effectiveness of the design itself, both visually and technically. This design is intended to target the café’s common guests, which are teenagers and young adults. Data were collected by interviews with the café owner and waiters, then references were collected both from printed and digital media.This design was adjusted with the concept of visual identity and marketing strategy of the café. This design is expected to be the solution for the issue of the café’s menu design, which can give postive images for the guests, provide clear and correct visual that eventually will increase the guests’ brand awareness, and the order will take shorter duration and therefore effective. Key Word: Menu, café, layout Belakangan ini, kafe sebagai alternatif dari restoran banyak menjamur di kota-kota besar. Didukung oleh perkembangan media sosial, kafe-kafe tersebut menjadi tempat yang unik bagi kalangan muda. Tidak hanya untuk bersantai, namun juga sebagai bagian dari konten pengalaman kuliner yang akan dibagikan ke media sosial. Tentunya hal ini membuat aset yang dimiliki kafe haruslah terlihat menarik dan pantas untuk ditunjukkan ke publik, termasuk desain daftar menu. Daftar menu yang biasanya hanya ditujukan pada pengunjung, kini berkat teknologi, dapat dilihat melalui internet atau aplikasi. Perancangan ulang buku menu kafe CubitCX ini bertujuan untuk meningkatkan keefektifan dari desain menu yang dimiliki kafe, baik dari segi visual maupun teknis. Perancangan ini ditujukan kepada target audiens yaitu pengunjung kafe yang sebagian besar merupakan kaum remaja dan kawula muda. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dengan narasumber pemilik kafe dan beberapa orang pegawai, kemudian mencari referensi dan data tambahan melalui media cetak dan digital. Perancangan ini disesuaikan dengan konsep identitas visual dan strategi marketing yang dimiliki oleh kafe. Perancangan ini diharapkan dapat menjadi solusi dari masalah yang dialami buku menu kafe CubitCX, yaitu dapat memberikan citra positif kafe di mata pengunjung, memberi visual yang jelas dan sesuai sehingga brand awareness pengunjung terhadap kafe akan semakin meningkat, dan tentunya membuat pemesanan hidangan menjadi lebih singkat dan efektif. Kata Kunci: Menu, kafe, tata letak
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FDSK/DKV. 20 038 |
Call Number: | SDSK/23/21/040 |
NIM/NIDN Creators: | 42316010020 |
Uncontrolled Keywords: | Menu, kafe, tata letak |
Subjects: | 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi |
Divisions: | Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 03:38 |
Last Modified: | 10 Jun 2023 07:13 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/73347 |
Actions (login required)
View Item |