HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GAME ONLINE BER-GENRE KEKERASAN TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS X JAKARTA

HALIM, MUHAMMAD ABDUL (2020) HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GAME ONLINE BER-GENRE KEKERASAN TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS X JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Other (HAL COVER)
01. COVER.PDF

Download (552kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (BAB II)
03. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (BAB III)
04. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (BAB IV)
05. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB V)
06. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)

Abstract

Lately online gaming activities are already a common thing if to be done by almost all circles of students. In game play-also needed a complicated skill & high dexurity so that adrenaline is more challenging and opiate. The development was not missed with the update of existing computer technology and network. Addictive game play or as we are more familiar with the title Addiction Game, meaning the players as if their lives are only devoted to playing games. This Online Game is based on the theme: violence, aggressive, even gender intimidation when played can cause negative behaviour because every action in a game is: controlled by players. Is there: Online game addiction relationship of violent genre against aggressive behavior in students X. This research is a quantitative study, sampling with purposive sampling techniques. This research was conducted at a university in West Jakarta with: Taking 449 students all generations as respondents. Respondents were asked to fill the game addiction Scale questionnaire and Aggresion scale, to see the online gaming addiction relationship to aggressive behavior. Data obtained after the analysis is analyzed using: Spearman correlation test. It can also be seen from: The test results of the Spearmam collation with the value of the coleration coefficient of 0.810 (strong enough) with a significance rate of 0.000 (P < 0.01) in the study showed the results that there is a link between online gaming addiction with aggressive behaviour. The relationship between the addictive outcome of online games with aggressive behaviors is positive value. That is, the higher addicted to this online game then the higher the aggressive behavior and vice versa, if gaming addiction is low, then it will have a low aggressive behaviour too. Keywords: Online Gaming Addiction, Aggressive Behaviour Akhir-akhir ini kegiatan bermain game online sudah menjadi hal umum jika untuk dilakukan oleh hampir dari semua kalangan mahasiswa. Dalam bermain game-pun dibutuhkan sebuah ketrampilan yang rumit & kecekatan yang tinggi sehingga pun adrenalin lebih menantang dan menimbulkan candu. Perkembangannya pun tidak luput dengan pembaruan teknologi dan jaringan komputer yang ada. Kecanduan bermain game atau yang kita lebih kenal dengan sebutan Game Addiction, artinya para pemain seakan-akan hidup mereka hanya diabdikan untuk bermain game. Keseringan Game Online ini didasari dengan tema: kekerasan, agresif, bahkan intimidasi gender yang bila dimainkan dapat menyebabkan perilaku negatif karena setiap aksi di sebuah permainan dikendalikan para pemainnya. Apakah terdapat: hubungan kecanduan game online ber-genre kekerasan terhadap perilaku agresif pada mahasiswa x. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di sebuah universitas di Jakarta Barat dengan: mengambil 449 mahasiwa semua angkatan sebagai responden. Responden diminta mengisi kuisioner game addiction scale dan aggresion scale, untuk melihat hubungan kecanduan game online terhadap perilaku agresif. Data yang diperoleh setelah dianalisis menggunakan: uji korelasi spearman. Hal ini dapat juga dilihat dari: hasil uji kolerasi spearmam dengan nilai koefisien kolerasi sebesar 0,810 (cukup kuat) dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,01) dalam penelitian ini menunjukan hasil bahwa terdapat hubungan antara kecanduan game online dengan perilaku agresif. Hubungan antara hasil kecanduan game online dengan perilaku agresif bernilai positif. Artinya, semakin tinggi kecanduan game online ini maka semakin tinggi juga perilaku agresif dan sebaliknya, jika kecanduan game rendah, maka itu akan memiliki perilaku agresif yang rendah pula. Kata Kunci: Kecanduan Game Online, Perilaku Agresif

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 20 114
NIM/NIDN Creators: 46115010142
Uncontrolled Keywords: Kecanduan Game Online, Perilaku Agresif
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 150.1-150.9 Standard Subdivisions of Psychology/Subdivisi Standar Dari Psikologi, Ilmu Jiwa > 150.7 Education of Psychology/Pendidikan Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis > 152.5 Psychological urges/Dorongan psikologis
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.6 Communication Psychology/Psikologi Komunikasi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 11 Jan 2023 07:31
Last Modified: 06 Apr 2023 06:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/73317

Actions (login required)

View Item View Item