RADITYA, GHERA WIMBA (2022) ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE SHORING (RINGLOCK), CORBEL (TRUSS), DAN SHORING PD-8 (POWER DISTRIBUTION) UNTUK PEKERJAAN PIERHEAD JEMBATAN TERHADAP BIAYA DAN WAKTU (STUDI KASUS : JEMBATAN UTAMA CIAMBAR PROYEK BOGOR-CIAWISUKABUMI SEKSI 2). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (94kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
2. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text (BAB 2)
3. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB 3)
4. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
Text (BAB 4)
5. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB 5)
6. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (975kB) |
Abstract
Proyek Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 yang memiliki ruas Cigombong-Cibadak menjumpai kondisi topografi yang cenderung terjal berupa lembah dan bukit, sehingga banyak dibangun konstruksi jembatan. Jembatan adalah suatu konstruksi yang gunanya untuk meneruskan jalan melalui suatu rintangan yang berada lebih rendah. Rintangan ini biasanya jalan lain (jalan air atau jalan lalu lintas biasa). Salah satu tahapan pekerjaan jembatan adalah Pier head atau kepala pilar adalah bagian dari jembatan yang fungsinya untuk menopang girder. Dalam proses konstruksi lengan jembatan banyak metode yang bisa digunakan seperti balance cantilever, shoring/sistem perancah, sistem service crane, sistem launching truss, sistem counter weight dan link set, dll. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian metode apa yang paling efisien untuk digunakan dalam proses pembangunan konstruksi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan metode pekerjaan untuk pierhead JU Ciambar antara metode shoring ringlock, corbel truss dan shoring PD-8 terhadap biaya, dan waktu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuintatif. Dari hasil penelitian didapat biaya dan waktu yang diperlukan untuk masing-masing metode, metode shoring ringlock dengan biaya sebesar Rp.3,712,649,572 dengan waktu 200 hari, metode corbel truss dengan biaya sebesar Rp.3,619,188,909 dengan waktu 208 hari dan metode shoring PD-8 dengan biaya sebesar Rp.3,845,474,098 dengan waktu 194 hari. Untuk dari segi biaya metode yang lebih efisien adalah metode corbel truss sedangkan untuk daru segi waktu metode yang lebih efisien adalah metode shoring ringlock PD-8. Kata Kunci : Pierhead, Shoring, Biaya, Waktu, Perbandingan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41119120115 |
Uncontrolled Keywords: | Pierhead, Shoring, Biaya, Waktu, Perbandingan |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan 600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan > 690.1-690.9 Standard Subdivisions of Planning, Anaysis, Engineering Design/Subdivisi Standar Dari Perencanaan, Analisa dan Teknik Bangunan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Nasruddin Mansyur S.Hum |
Date Deposited: | 17 Dec 2022 07:55 |
Last Modified: | 17 Dec 2022 07:55 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72576 |
Actions (login required)
View Item |