SYAM, MUHAMMAD IQBAL (2022) PERBANDINGAN BIAYA DAN WAKTU ANTARA METODE KERJA LOWER PIER HEAD PRECAST DAN METODE KERJA CAST IN SITU PADA STASIUN LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) DUKUH ATAS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
||
Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (818kB) |
||
Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Light Rail Transit Jabodebek adalah sebuah sistem angkutan cepat yang direncanakan akan dibangun di Indonesia, yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota penyangganya seperti Bekasi dan Bogor. Pada Stasiun LRT Dukuh Atas yang terletak di Jalan Setiabudi Tengah, kondisi eksisting pada jalan tersebut di sisi utara terdapat Waduk IPAL sedangkan sisi selatan terdapat pagar private dengan lebar jalan dari ujung pagar private sampai dengan ujung Waduk IPAL hanya sekitaran 18 m. Pada kondisi tersebut untuk akses kerja maupun pergerakan Crane pada saat pemasangan precast lower pier head tidak dapat dilakukan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan biaya dan waktu antara metode kerja precast dan cast in situ lower pier head Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis perbandingan perhitungan biaya, untuk pekerjaan lower pier head Rp. 1.262.074.374, sedangkan untuk biaya pekerjaan cast in situ lower pier head sebesar Rp. 1.061.065.036, terdapat selisih biaya 15.93% sebesar Rp. 201.009.337 dimana biaya pelaksanaan cast in situ lower pier head lebih efisien dibandingkan biaya pelaksanaan precast lower pier head. Dari hasil analisis waktu untuk metode kerja precast memiliki durasi/waktu sebesar 24 hari sedangkan untuk metode cast in situ durasi/waktu sebesar 47 hari dimana waktu pelaksanaan metode precast lower pier head lebih efisien 48.94% dibandingkan waktu pelaksanaan metode kerja cast in situ lower pier head. Kata kunci : LRT, Lower pier head, Precast, Cast in situ, Biaya
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41119120018 |
Uncontrolled Keywords: | LRT, Lower pier head, Precast, Cast in situ, Biaya |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan 600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan > 691 Building Material/Material Bangunan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Nasruddin Mansyur S.Hum |
Date Deposited: | 17 Dec 2022 05:14 |
Last Modified: | 17 Dec 2022 05:14 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72561 |
Actions (login required)
View Item |