ANALISIS PERCEPATAN WAKTU DAN BIAYA PERCEPATAN PRO YEK KONSTRUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME COST TRADE OFF PADA PROYEK JEMBATAN SENTUK 2

Ammaturrahim, Fathina (2022) ANALISIS PERCEPATAN WAKTU DAN BIAYA PERCEPATAN PRO YEK KONSTRUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME COST TRADE OFF PADA PROYEK JEMBATAN SENTUK 2. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB 2)
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text (BAB 3)
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text (BAB 4)
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB 5)
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada suatu pembangunan proyek konstruksi dibutuhkan perencanaan dari segi biaya, mutu, dan waktu. Salah satu tujuan disusunnya sebuah perencanaan proyek konstruksi adalah sebagai dasar untuk mengukur prestasi proyek. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mencari perencanaan percepatan waktu dan biaya optimal untuk menyelesaikan Proyek Jembatan Sentuk 2, yang berlokasi di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang dalam pelaksanaannya mengalami keterlambatan. Analisis dilakukan menggunakan Metode Time Cost Trade Off. Metode Time Cost Trade Off adalah sebuah metode yang memberikan alternatif untuk menyusun perencanaan terbaik dengan menukarkan antara waktu dengan biaya, sehingga didapatkan waktu dan biaya yang optimal dalam menyelesaikan suatu proyek. Dalam penelitian ini percepatan dilakukan menggunakan dua alternatif, yaitu penambahan jam kerja (lembur) dan penambahan tenaga kerja. Hasil analisis dilakukan dengan bantuan software Microsoft Project 2016 untuk mencari lintasan kritis dari rencana pelaksanaan dan menentukan pekerjaan-pekerjaan yang akan dipercepat. Kemudian melakukan perhitungan crash duration, crash cost, dan cost slope pada pekerjaan-pekerjaan yang berada di lintasan kritis. Perhitungan dilanjutkan dengan melakukan kompresi pada durasi awal proyek yaitu 161 hari. Dari hasil analisis pada alternatif penambahan jam kerja (lembur) didapatkan total duration selama 149 hari, maka crash durationnya 12 hari dengan total cost sejumlah Rp 15.146.737.151,88 dari normal cost Rp 15.191.229.600,00, selisih sebesar Rp 44.493.448,12. Sedangkan pada alternatif penambahan tenaga kerja menghasilkan total duration selama 137 hari, maka alternatif tersebut memiliki crash duration 24 hari dengan total cost sejumlah Rp 15.109.830.127,27 dari normal cost Rp 15.191.229.600,00, dengan selisih sebesar Rp 81.399.472,73. Kata Kunci : Percepatan, Metode Time Cost Trade Off, Crash Duration, Crash Cost, Cost Slope.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41119120005
Uncontrolled Keywords: Percepatan, Metode Time Cost Trade Off, Crash Duration, Crash Cost, Cost Slope.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan
600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan > 690.1-690.9 Standard Subdivisions of Planning, Anaysis, Engineering Design/Subdivisi Standar Dari Perencanaan, Analisa dan Teknik Bangunan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 17 Dec 2022 04:50
Last Modified: 17 Dec 2022 04:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72554

Actions (login required)

View Item View Item