DHANESWARA, AGENG NIZAR (2022) ANALISIS DIBUKANYA GERBANG TOL SAWANGAN AKIBAT ADANYA SIMPANG DAN RUAS JALAN RAYA SAWANGAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
41120110027 - Ageng Nizar D - 02 Cover.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
41120110027 - Ageng Nizar D - 03 Abstrak.pdf Download (28kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
41120110027 - Ageng Nizar D - 04 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text (BAB 2)
41120110027 - Ageng Nizar D - 05 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB 3)
41120110027 - Ageng Nizar D - 06 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
||
Text (BAB 4)
41120110027 - Ageng Nizar D - 07 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
||
Text (BAB 5)
41120110027 - Ageng Nizar D - 08 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
41120110027 - Ageng Nizar D - 10 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
41120110027 - Ageng Nizar D - 11 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) |
||
Text (JURNAL)
41120110027 - Ageng Nizar D - 12 Jurnal.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) |
Abstract
Kemacetan merupakan salah satu masalah utama pada pengguna jalan. Jalan Raya Sawangan juga merupakan salah satu aktivitas lalu lintas yang tinggi di daerah Depok. Tingkat pertumbuhan Jalan di Depok pada tahun 2014 hanya 0,7%, sedangkan tingkat pertumbuhan kendaraan bermotor 9%. Tingkat kemacetan di ruas Jalan Raya Sawangan pada ruas yang terdapat simpang dan adanya Gerbang Tol Sawangan cukup sangat besar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kinerja simpang dan ruas jalan raya sawangan akibat berlakunya gerbang tol sawangan. Data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer yang diperoleh dari pengamatan langsung di lapangan dan Metode pengolahan data menggunakan perhitungan secara manual sesuai dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Kemacetan di ruas jalan raya sawangan disebabkan adanya simpang dan volume kendaraan yang lebih ke gerbang tol sawangan. Hasil analisis pada ruas jalan diperoleh volume kendaraan pada jam puncak 2145 smp/jam, dengan kapasitas 2610 smp/jam. Sedangkan pada Simpang diperoleh volume kendaraannya 4591 smp/jam dengan kapasitas 2607 smp/jam. Pada dasarnya dapat dilihat dari nilai derajat kejenuhan yang dianalisis mencapai 0,82 pada ruas dan 1,77 pada simpang tak bersinyal. Oleh karena solusi untuk mengatasi kemacetan dilakukan pada ruas jalan rambu dilarang berhenti sehingga mengurangi hambatan samping dan pada simpang diberikan barrier pada jalan, sehingga derajat kejenuhan pada ruas jalan 0,82 menjadi 0,78 sedangakan untuk simpang tak bersinyal 1,77 menjadi 1,54. Besar pengaruh pada volume kendaraan pada pintu tol terhadap ruas jalan 16,385% dan Gerbang Tol Sawangan terhadap simpang sebesar 7,615 %. Dengan penelitian ini, penulis berharap pemerintah daerah harus memberikan penanganan lebih lanjut pada ruas jalan dan simpang tersebut. Kata Kunci: Ruas Jalan, Simpang, Derajat Kejenuhan, Gerbang Tol, MKJI 1997
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41120110027 |
Uncontrolled Keywords: | Ruas Jalan, Simpang, Derajat Kejenuhan, Gerbang Tol, MKJI 1997 |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.7 Road Engineering/Teknik Jalan Raya |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Nasruddin Mansyur S.Hum |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 06:47 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 06:47 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72299 |
Actions (login required)
View Item |