ANALISIS GAYA DAN POLA ALIRAN FLUIDA PADA ENGINE NOZZLE BERBENTUK CHEVRON DENGAN VARIASI SUDUT MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD)

ROFIIF, ACHMAD (2022) ANALISIS GAYA DAN POLA ALIRAN FLUIDA PADA ENGINE NOZZLE BERBENTUK CHEVRON DENGAN VARIASI SUDUT MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text (BAB II)
05 Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pusaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)

Abstract

A major concern of aircraft is the jet exhaust flow in the jet engine which occurs in turbulent mixing of the gas with its surroundings and is caused by the relative velocity between the jet exhaust and its surroundings. In this study, a geometric analysis of the behavior of fluid flow and acoustic power around the engine nozzle was carried out to minimize the appearance. The approach to the fluid flow of a chevron-shaped nozzle is carried out with its angular geometry which will affect the variations and contours of the airflow velocity that will be produced. Research and development is carried out with the aim of getting a more optimal performance design on the nozzle. The improvisations that have been made are the results of simulation tests using the Ansys fluent Computational Fluid Dynamics (CFD) method on the Chevron Engine Nozzle with variations in angles of 60°, 90°, 120° and Baseline Nozzle. The results of this study indicate that from the overall data obtained, the chevron type with an angle of 60° is a good enough design to be recommended. Where this type of chevron can reduce the value of acoustic power with a maximum acoustic power of 218,994 Db compared to the baseline nozzle and has the highest speed among 90° chevrons and 120° chevrons with a maximum speed of 3573,214 m/s. When compared to other types of angle variation chevrons, this chevron with an angle of 60° has the lowest acoustic value. However, the results of the velocity contour show that the 90° type chevron is very effective in reducing the existing turbulence. Keywords: Fluids, Engine Nozzle, Chevron , simulation, computational fluid dynamics (CFD). Sebagian besar kebisingan utama pesawat dihasilkan oleh aliran jet buang di mesin jet yang terjadi pada pencampuran turbulen dari gas buang dengan sekitarnya dan dipengaruhi oleh aksi geser disebabkan oleh kecepatan relatif antara knalpot jet dan sekitarnya. Pada penelitian ini dilakukan analisis geometri terhadap perilaku aliran fluida dan daya akustik pada engine nozzle untuk meminimalisir kebisingan. Pendekatan terhadap perilaku aliran fluida suatu nozzle yang berbentuk chevron dilakukan dengan variasi geometri sudutnya yang akan berpengaruh terhadap kebisingan dan kontur kecepatan aliran udara yang akan dihasilkan. Penelitan dan pengembangan dilakukan dengan tujuan mendapatkan performa desain yang lebih optimal pada nozzle. Adapun improvisasi yang telah dilakukan adalah hasil uji simulasi menggunakan metode Ansys fluent Computational Fluid Dynamics (CFD) pada Chevron Engine Nozzle dengan variasi sudut 60°, 90°, 120° dan Baseline Nozzle. Hasil dari penilitian ini menunjukan bahwa dari keseluruhan data yang didapat, disimpulkan jenis chevron dengan sudut 60° merupakan desain yang cukup baik untuk direkomendasikan. Dimana jenis chevron ini dapat mereduksi nilai acoustic power dengan daya akustik maksimalnya sebesar 218.994 Db dibandingkan dengan baseline nozzle dan memiliki kecepatan paling tinggi diantara chevron 90° juga chevron 120° dengan kecepatan maksimal 3573.214 m/s. Jika dibandingkan dengan jenis chevron variasi sudut yang lain, chevron dengan sudut 60° ini memiliki nilai acoustic terendah. Namun dari hasil kontur kecepatannya menunjukkan bahwa chevron tipe 90° ini sangat efektif untuk mereduksi turbulensi yang ada. Kata Kunci: Fluida, Engine Nozzle, Chevron , simulasi, Computational Fluid Dynamics (CFD).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 22 132
Call Number: ST/13/22/062
NIM/NIDN Creators: 41320110057
Uncontrolled Keywords: Fluida, Engine Nozzle, Chevron , simulasi, Computational Fluid Dynamics (CFD).
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.3 Artificial Intelligence/Kecerdasan Buatan > 006.31 Machine Learning/Pembelajaran Mesin
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:21
Last Modified: 05 Dec 2022 02:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72177

Actions (login required)

View Item View Item