SIREGAR, FITRIANI (2008) ANALISA PENERAPAN SIX SIGMA PADA PRODUKSI CETAK MESIN SM 102-72 DI PT. INTERMASA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (SKRIPSI FULL)
TUGAS AKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
PT. Intermasa represent company of printing manufacturer , provide customer need for education books, magazine, tabloid and exclusive request from customers. Today printing industry has competitive market in Indonesia. Printing company claimed to print on schedule with high quality and low price. PT. Intermasa has mission “To Improve The Quality Products to Satisfaction Customer with Continuing Improvement in Every Department”. Printing Quality from Printing machine SM 102-72 has not optimal yet, because some defect factors on printing product result and need explanation from level defect products and need resolving and also improvement production , they can be reduced defect on printing products with minimum level. Method used to identify the problems by using concept Six Sigma focus at satisfaction customer. Six Sigma has phase DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve and Control. To identify problems on printing products, measure Performance Company to know the reached improvement, analyzing problem roots to know the reached improvement, analyzing problem roots to make a plan and implementation to make standardization to prevent continuing problems in the future. There are six dominant types of defect along with effort performanced with the highest level RPN : (1) Gearmark defect = effort the standarnization of water-roll ; (2) Misting/Skin defect = effort cleaning ink-roll and o-past roll once in six months ; (3) Unequal color defect = tight observation and follow instruction job ; (4) Set-off defect = Effort the regressive maintenance for motor powder so can be used full ; (5) Wrinkling defect = make material data specially for stock of gripper ; (6) Blocking defect = Sighting return of purchased ink and discontinued use bad quality of ink. Result of solution , there is an increasing level before implementation = 3.9 and after implementation 4.3 and have difference 0.4. Improvement of level sigma 0.4 prove the reducing on defect product and from the result of examination of hypothesizing concluding that result after implementation is better that before implementation. Writer suggest the company to apply concept of Six Sigma to improve the quality of product continually to the better level of Sigma. Keyword: DMAIC SIX SIGMA DEFECT PT. Intermasa merupakan Perusahaan Percetakan yang menyediakan kebutuhan pelanggan yaitu : buku-buku pelajaran, majalah, tabloid dan permintaan khusus dari pelanggan. Saat ini industri percetakan mengalami persaingan pasar yang ketat di Indonesia. Perusahaan percetakan dituntut mencetak sesuai dengan jadwal ,berkualitas tinggi dan harga yang murah. PT. Intermasa mempunyai misi yaitu : “Meningkatkan kualitas produk untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan melakukan perbaikan terus menerus diseluruh departemen”. Kualitas cetak yang dihasilkan mesin cetak SM 102-72 belum optimal karena beberapa faktor penyebab kecacatan pada hasil cetakan sehingga diperlukan kejelasan pada tingkat cacat produk dan diperlukan pemecahan serta perbaikan produksi yang dapat menurunkan jumlah cacat pada hasi lproduksi pada level minimum. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi permasalahan ini yaitu dengan menggunakan konsep Six Sigma berfokus pada kepuasan pelanggan, Konsep Six Sigma melalui tahap DMAIC (Define , Maesure, Analyze, Improve dan Control) mengidentifikasi masalah penyimpangan yang terjadi dari produk yang bermasalah, mengukur garis dasar kinerja perusahaan untuk mengetahui peningkatan yang dicapai, menganalisa akar permasalahan, untuk mengetahui peningkatan yang dicapai, menganalisa akar permasalahan, membuat rencana tindakan serta mengimplementasikan selanjutnya dibuat standarnisasi untuk mencegah terulangnya masalah yang sama dikemudian hari. Terdapat enam jenis cacat yang dominan beserta upaya yang dilakukan dalam penanggulangannya berdasarkan tingkat RPN tertinggi, adalah sebagai berikut : cacat gearmark, dilakukan standarnisasi untuk ukuran roll air ; cacat misting/skin, dilakukan pembersihan pada roll tinta dengan roll o-past enam bulan sekali ; cacat warna tidak sama, dilakukan pengawasan yang ketat dan mengikuti instruksi kerja ; cacat set-off, dilakukan tindakan perawatan regresif agar motor powder dapat berfungsi dengan baik ; cacat wrinkling, dilakukan pendataan material khususnya stock gripper ; cacat blocking, dilakukan peninjauan kembali pengadaan tinta dan menghentikan penggunaan tinta dengan kualitas buruk. Hasil dari pembahasan penyimpulkan bahwa terjadi peningkatan level sigma sebelum dilakukan implementasi sebesar 3.9 dan setelah implementasi menjadi 4.3 dan telah terjadi selisih peningkatan sebesar 0.4. Peningkatan level sigma sebesar 0.4 membuktikan terjadinya pengurangan pada kecacatan produk, terlihat dari hasil pengujian hipotesa yang menyimpulkan bahwa hasil setelah implementasi lebih baik dari sebelum implementasi. Penulis menyarankan perusahaan menerapkan konsep Six Sigma untuk meningkatkan kualitas produk secara terus menerus hingga ke tingkat sigma yang lebih baik. Kata Kunci : DMAIC , SIX SIGMA, DEFECT (CACAT)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 4160411-015 |
Uncontrolled Keywords: | DMAIC , SIX SIGMA, DEFECT (CACAT) |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 511 General Principles of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 01:44 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 01:44 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/71439 |
Actions (login required)
View Item |