PEMAKNAAN BUDAYA POPULER DALAM VIDEO YOUTUBE “REWIND INDONESIA 2020” (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE)

IRNANDA, MUHAMMAD FAJRI (2022) PEMAKNAAN BUDAYA POPULER DALAM VIDEO YOUTUBE “REWIND INDONESIA 2020” (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)

Abstract

Budaya populer adalah budaya yang lahir atas keterkaitan dengan media. Artinya, media mampu memproduksi sebuah bentuk budaya, maka publik akan menyerapnya dan menjadikannya sebagai sebuah bentuk kebudayaan. Populer yang dibicarakan disini tidak terlepas dari perilaku konsumsi dan determinasi media massa terhadap publik yang bertindak sebagai konsumen (Strinati, 2007). Rewind Indonesia sudah menjadi bagian dari pop culture sejak awal dibuat pada tahun 2014 di kanal youtube Eka Gustiwana, lalu di tahun kedua, yaitu tahun 2015 youtube indonesia mulai membuat kanal youtube sendiri khusus berisikan video tentang youtube rewind. Hingga akhirnya Youtube Rewind selalu dinanti setiap tahunnya oleh masyarakat Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce yang menggunakan tiga konsep trikotomi yaitu, sign, objek, dan interpretant, yang akan dianalisa dalam penelitian ini nantinya. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Unit analisis dalam penelitian ini berupa audio visual, dan warna terkait dengan tanda-tanda budaya populer di dalam video youtube rewind Indonesia 2020. Berdasarkan hasil penelitian, tanda budaya populer berdasarkan representament (sign) pada gambar 1 sampai 5 dimaknai seseorang yang mengikuti dan mengapilkasikan perubahan zaman dengan kemajuan teknologi. Lalu tanda budaya populer berdasarkan objek ialah gesture tubuh, mimik wajah, fashion, benda, tone warna pada video tersebut. Dan untuk tanda budaya populer berdasarkan Interpretant dimaknai dengan perubahan zaman atau waktu yang menyebabkan terjadinya perubahan gaya hidup seseorang dalam mencari suatu hiburan, memenuhi kebutuhan gaya hidup sehat, dan perubahan cara berkomunikasi disaat pandemi covid-19. Kata Kunci: Semiotika ( 1 ), Youtube Rewind ( 2), Budaya Populer (3).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 22 058
NIM/NIDN Creators: 44118010029
Uncontrolled Keywords: Semiotika ( 1 ), Youtube Rewind ( 2), Budaya Populer (3)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 021 Relationship of Libraries/Hubungan-hubungan Perpustakaan, Arsip dan Kearsipan, Pusat Informasi
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 021 Relationship of Libraries/Hubungan-hubungan Perpustakaan, Arsip dan Kearsipan, Pusat Informasi > 021.2 Relationship with the Community/Hubungan Perpustakaan dengan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:29
Last Modified: 30 Sep 2022 02:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69580

Actions (login required)

View Item View Item