IRNANDA, MUHAMMAD FAJRI (2022) PEMAKNAAN BUDAYA POPULER DALAM VIDEO YOUTUBE “REWIND INDONESIA 2020” (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (640kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Download (166kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
||
Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
||
Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (987kB) |
||
Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
Abstract
Budaya populer adalah budaya yang lahir atas keterkaitan dengan media. Artinya, media mampu memproduksi sebuah bentuk budaya, maka publik akan menyerapnya dan menjadikannya sebagai sebuah bentuk kebudayaan. Populer yang dibicarakan disini tidak terlepas dari perilaku konsumsi dan determinasi media massa terhadap publik yang bertindak sebagai konsumen (Strinati, 2007). Rewind Indonesia sudah menjadi bagian dari pop culture sejak awal dibuat pada tahun 2014 di kanal youtube Eka Gustiwana, lalu di tahun kedua, yaitu tahun 2015 youtube indonesia mulai membuat kanal youtube sendiri khusus berisikan video tentang youtube rewind. Hingga akhirnya Youtube Rewind selalu dinanti setiap tahunnya oleh masyarakat Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce yang menggunakan tiga konsep trikotomi yaitu, sign, objek, dan interpretant, yang akan dianalisa dalam penelitian ini nantinya. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Unit analisis dalam penelitian ini berupa audio visual, dan warna terkait dengan tanda-tanda budaya populer di dalam video youtube rewind Indonesia 2020. Berdasarkan hasil penelitian, tanda budaya populer berdasarkan representament (sign) pada gambar 1 sampai 5 dimaknai seseorang yang mengikuti dan mengapilkasikan perubahan zaman dengan kemajuan teknologi. Lalu tanda budaya populer berdasarkan objek ialah gesture tubuh, mimik wajah, fashion, benda, tone warna pada video tersebut. Dan untuk tanda budaya populer berdasarkan Interpretant dimaknai dengan perubahan zaman atau waktu yang menyebabkan terjadinya perubahan gaya hidup seseorang dalam mencari suatu hiburan, memenuhi kebutuhan gaya hidup sehat, dan perubahan cara berkomunikasi disaat pandemi covid-19. Kata Kunci: Semiotika ( 1 ), Youtube Rewind ( 2), Budaya Populer (3).
Actions (login required)
View Item |