RAHMADIANTO, IKHWAN (2022) ANALISIS PNEUMATIC STARTER AIRBUS A330 DENGAN METODE RELIABILITY UNTUK MENCEGAH PERFORMA DELAY SAAT OPERASIONAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1.File Cover (2).pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak _ Abstract.pdf Download (211kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
||
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
||
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
||
Text (BAB VI)
bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
Abstract
Pneumatic starter merupakan alat yang berfungsi sebagai pemutar engine pada pesawat terbang yang bertujuan agar engine pesawat dapat menghasilkan putaran sendiri (self sustained speed). Penelitian ini menganalisis kegagalan pada pneumatic starter dalam operasional pesawat terbang sehingga menyebabkan performa delay yang menyebabkan kerugian bagi operator pesawat terbang. Tujuan dari penelitian ini yaitu melakukan inventarisasi masalah-masalah yang terjadi dalam perawatan pneumatic starter Airbus A330 serta membuat usulan perbaikan metode pemeliharaan pneumatic starter untuk mencegah performa delay. Metode pada penelitian ini menggunakan metode reliability dengan distribusi Weibull yang bertujuan mengetahui laju kegagalan serta membuat jadwal perawatan pneumatic starter. Kerusakan pneumatic starter disebabkan 3 komponen yang rusak yaitu turbine wheel, seal dan bearing. Untuk menjaga umur yang optimal pada pneumatic starter dilakukan penggantian komponen yang rusak dengan part atau komponen yang baru, sesuai dengan standar jenis komponen tersebut dalam hal ini bukan part atau komponen alternate yang memiliki kualitas dibawah standarnya serta melaksanakan overhaul atau removal pada pneumatic starter pada 1150 flight cycle yang diambil dari nilai MTTF (Mean Time To Failure) dari hasil perhitungan dengan metode reliability. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kegagalan fungsional secara mendadak yang menyebabkan performa delay pada operasional pesawat terbang. Kata kunci : Pneumatic Starter, Airbus A330, Reliability, Distribusi Weibull, MTTF (Mean Time to Failure).
Actions (login required)
View Item |