LUTFIASIH, SERENA PUTRI (2022) PENDAMPINGAN PERENCANAAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMAKSIMALKAN ENGAGEMENT TERHADAP FOLLOWERS PADA AKUN INSTAGRAM UMKM CHIPS TOPZ. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Download (148kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
||
Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
||
Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (820kB) |
||
Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
||
Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB VI)
08 Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dengan pesatnya perkembangan teknologi tentu memberikan dampak pada dunia pemasaran, sehingga memunculkan istilah pemasaran digital. Kemudian dampak yang ditimbulkan oleh media sosial sangat nyata terhadap peningkatan engagement penjualan. Salah satunya UMKM Chips Topz yang memiliki tujuan dalam memaksimalkan engagement instagramnya. Maka untuk dapat mencapai tujuan tersebut, diperlukan ketepatan perencanaan hingga strategi yang sesuai agar optimal dalam mencapai target. Kegiatan ini menggunakan metode pendampingan kepada UMKM Chips Topz, dimana pendamping berperan sebagai Social Media Planner yang bertugas menyusun perencanaan strategi pemasaran digital sebagai solusi permasalahan mitra agar dapat memaksimalkan engagement Instagram. Dalam kegiatan TAPN ini perencanaan yang digunakan yaitu menggunakan konsep Perencanaan OSA dan RACE Framework oleh Dave Chaffey. Konsep Perencanaan OSA terdiri dari Opportunity - Strategy – Action. Kemudian menggunakan konsep RACE Framework yang terdiri dari Reach – Act – Convert – Engage. Dalam pengelolaannya pendamping dan Tim TAPN juga menggunakan konsep Social Media Marketing Process oleh Walter Lim. Hasil dari pendampingan ini adalah peningkatan followers sebanyak 100 followers berawal dari 135 followers menjadi 235 followers, kunjungan profil instagram sebanyak 171, reach sebanyak 672, dan impression sebanyak 10,309, lalu engagement sebanyak 2,48% dengan rata - rata 85 likes dan 1 comment. Selanjutnya peningkatan penjualan produk online sebanyak 450 produk dan offline sebanyak 175 produk, peningkatan pendapatan sebesar Rp.8.750.000, serta peningkatan rata - rata produk yang dibeli customer sebanyak 4-5 produk dan reseller 20 produk. Kemudian mendapatkan rata – rata content shared 2-4 per post dan content saved 1 per post. Customer Chips Topz juga cukup sering memberikan testimoni dan review produk yang cukup baik. Kata Kunci: Pendampingan dan Pelatihan, Social Media Marketing Perencanaan Strategi Pemasaran Digital, Instagram, Engagement.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/KD. 22 006 |
NIM/NIDN Creators: | 44518010042 |
Uncontrolled Keywords: | Pendampingan dan Pelatihan, Social Media Marketing Perencanaan Strategi Pemasaran Digital, Instagram, Engagement |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan 600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan > 690.1-690.9 Standard Subdivisions of Planning, Anaysis, Engineering Design/Subdivisi Standar Dari Perencanaan, Analisa dan Teknik Bangunan 600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan > 694 Wood Construction, Carpentry/Pertukangan Kayu, Tukang Kayu |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital |
Depositing User: | ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 03:33 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 03:33 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69410 |
Actions (login required)
View Item |