ZERLINA, ELYSIA NADA (2022) RANCANG BANGUN APLIKASI “HI! WARGA” SEBAGAI SOLUSI LAYANAN PUBLIK DAN SURAT PENGANTAR RT/RW BERBASIS WEB STUDI KASUS : ( RW 003 CILEDUG INDAH II). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (948kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Download (88kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
||
Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
||
Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
||
Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (20kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (17MB) |
Abstract
Dalam mengurus berbagai macam keperluan kependudukan, warga membutuhkan surat pengantar RT/RW. Tentunya para warga mengharapkan proses pengajuan dan pembuatan surat pengantar RT/RW bisa didapatkan dengan cepat. Tetapi seringkali ada beberapa kendala dalam mendapatkan surat tersebut, yaitu tidak adanya jam kerja pelayanan publik RT/RW, waktu pengurusan surat pengantar seringkali tidak sama dengan waktu luangnya ketua RT/RW sehingga membutuhkan waktu berhari – hari untuk mendapatkan surat tersebut. Terkait permasalahan tersebut, dibuatnya aplikasi Hi! Warga , yaitu aplikasi surat pengantar dan layanan publik berbasis website bagi warga dan pengurus RT/RW untuk mempermudah dalam proses pengajuan dan pembuatan surat pengantar RT/RW secara online tanpa perlu warga mendatangi rumah ketua RT/RW, dapat memonitoring progress surat yang telah diajukan oleh warga, juga dapat menerima informasi terkait dengan peristiwa kemalingan, keributan ataupun informasi resmi dari pengurus RT/RW. Aplikasi Hi! Warga dibuat menggunakan metode agile dalam perencanaan, implementasi, testing software, dokumentasi, deployment, maintenance yang dilakukan secara berulang untuk membentuk fitur – fitur layanan publik maupun surat pengantar atau keterangan. Pada aplikasi Hi! Warga pengurus RT/RW dapat mengetahui jumlah warga, jumlah fasilitas, jumlah KK, jumlah laki-laki, jumlah perempuan, jumlah kategori domisili luar KTP, dan jumlah rumah kosong di halaman dashboard. Dengan adanya aplikasi Hi! Warga, warga dapat mengajukan surat pengantar atau keterangan secara mudah dan efisien tanpa menunggu berhari-hari dan memperoleh kemudahan dalam menerima layanan publik. Dan pengurus RT/RW dapat memproses surat pengantar secara efisien kapan dan dimana saja serta mengelola layanan publik di lingkungan RT/RW. Kata Kunci : Aplikasi, Warga, RT, RW, Surat Pengantar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FIK/SI. 22 048 |
NIM/NIDN Creators: | 41818110039 |
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi, Warga, RT, RW, Surat Pengantar |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 02:22 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 02:22 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69398 |
Actions (login required)
View Item |