ANDHIRA, CHELLYN SALVA (2022) FENOMENA KOMUNIKASI PENGGEMAR GRUP K-POP BTS (ARMY INDONESIA) MELALUI AKUN TWITTER AUTOBASE @IBIGHITFESS (STUDI FENOMENOLOGI TERHADAP ARMY INDONESIA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf Download (53kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03. Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) |
||
Text (BAB II)
04. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
||
Text (BAB III)
05. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
||
Text (BAB IV)
06. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
||
Text (BAB V)
07. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
Abstract
Autobase merupakan sebuah akun Twitter yang bersifat aonim di mana kita dapat mengirimkan pesan serta memberikan respon akan pesan yang dikirimkan melalui autobase. Penggunaan autobase di Twitter Indonesia sedang marak terjadi, dapat dilihat dengan banyaknya jenis autobase yang ada, mulai dari tentang makanan, kecantikan, musik, hingga penggemar. Salah satu dari autobase yang ada yaitu autobase @ibighitfessyang merupakan akun autobase untuk penggemar artis dari agensi Bighit Entertaiman yang di mana terdapat BTS sebagai artisnya. Maka, akun @ibighitfess dijadikan sebagai tempat untuk berkomunikasi oleh ARMY Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui motif, komunikasi, dan pengalaman komunikasi yang dilakukan oleh ARMY Indonesia melalui @ibighitfess. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metodologi fenomenologi dan wawancara secara mendalam sebagai teknik pengumpulan datanya. Data diperoleh dari ARMY Indonesia yang berkomunikasi melalui @ibighitfess. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motif ARMY Indonesia dalam berkomunikasi melalui @ibighitfess dibagi ke dalam kategori society motieve, needs motive, dan entertaint motive. Komuniasi dilakukan dengan dua cara yaitu sebagai senderdan sebagai replyer. Habatan juga terjadi pada komunikasi ini seperti kesalahan teknis hingga miss komunikasi. Pengalaman sebelum dan sesudah yang dirasakan ARMY Indonesia dalam berkomunikasi melalui @ibighitfess yaitu adanya mendapatkan informasi yang lebih cepat dan mudah, bisa dengan mudah mendapatkan teman sesama ARMY, dan kepercayaan diri dalam berkomunikasi. Juga terbentuk budaya kebiasaan tertentu yang dilakukan dan hal yang dikembangkan dari komunikasi yang mereka lakukan. Kata kunci: fenomena, komunikasi, twitter, autobase, K-Pop, BTS, ARMY, pengalaman
Actions (login required)
View Item |