FENOMENA KOMUNIKASI PENGGEMAR GRUP K-POP BTS (ARMY INDONESIA) MELALUI AKUN TWITTER AUTOBASE @IBIGHITFESS (STUDI FENOMENOLOGI TERHADAP ARMY INDONESIA)

ANDHIRA, CHELLYN SALVA (2022) FENOMENA KOMUNIKASI PENGGEMAR GRUP K-POP BTS (ARMY INDONESIA) MELALUI AKUN TWITTER AUTOBASE @IBIGHITFESS (STUDI FENOMENOLOGI TERHADAP ARMY INDONESIA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text (BAB II)
04. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB III)
05. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (BAB IV)
06. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text (BAB V)
07. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)

Abstract

Autobase merupakan sebuah akun Twitter yang bersifat aonim di mana kita dapat mengirimkan pesan serta memberikan respon akan pesan yang dikirimkan melalui autobase. Penggunaan autobase di Twitter Indonesia sedang marak terjadi, dapat dilihat dengan banyaknya jenis autobase yang ada, mulai dari tentang makanan, kecantikan, musik, hingga penggemar. Salah satu dari autobase yang ada yaitu autobase @ibighitfessyang merupakan akun autobase untuk penggemar artis dari agensi Bighit Entertaiman yang di mana terdapat BTS sebagai artisnya. Maka, akun @ibighitfess dijadikan sebagai tempat untuk berkomunikasi oleh ARMY Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui motif, komunikasi, dan pengalaman komunikasi yang dilakukan oleh ARMY Indonesia melalui @ibighitfess. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metodologi fenomenologi dan wawancara secara mendalam sebagai teknik pengumpulan datanya. Data diperoleh dari ARMY Indonesia yang berkomunikasi melalui @ibighitfess. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motif ARMY Indonesia dalam berkomunikasi melalui @ibighitfess dibagi ke dalam kategori society motieve, needs motive, dan entertaint motive. Komuniasi dilakukan dengan dua cara yaitu sebagai senderdan sebagai replyer. Habatan juga terjadi pada komunikasi ini seperti kesalahan teknis hingga miss komunikasi. Pengalaman sebelum dan sesudah yang dirasakan ARMY Indonesia dalam berkomunikasi melalui @ibighitfess yaitu adanya mendapatkan informasi yang lebih cepat dan mudah, bisa dengan mudah mendapatkan teman sesama ARMY, dan kepercayaan diri dalam berkomunikasi. Juga terbentuk budaya kebiasaan tertentu yang dilakukan dan hal yang dikembangkan dari komunikasi yang mereka lakukan. Kata kunci: fenomena, komunikasi, twitter, autobase, K-Pop, BTS, ARMY, pengalaman

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 048
NIM/NIDN Creators: 44218010064
Uncontrolled Keywords: fenomena, komunikasi, twitter, autobase, K-Pop, BTS, ARMY, pengalaman
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA
Date Deposited: 16 Sep 2022 07:03
Last Modified: 16 Sep 2022 07:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69170

Actions (login required)

View Item View Item