ANALISIS SENTIMEN PADA REVIEW PRODUK DI MARKETPLACE SHOPEE MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER

AGUSTINA, IKA (2022) ANALISIS SENTIMEN PADA REVIEW PRODUK DI MARKETPLACE SHOPEE MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text (BAB VI)
08 Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)

Abstract

Aktivitas belanja secara online menjadi sangat populer sejak penggunaan internet meningkat. Belanja menjadi sangat mudah dan fleksibel karena bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun. Produk yang disediakan pun lengkap. Namun kekurangan dari belanja online adalah seringkali produk yang dijual tidak selalu sesuai dengan kondisi yang sebenarnya karena hanya bisa dilihat melalui gambar. Dengan adanya fitur ulasan, pengguna yang sudah melakukan pembelian produk dapat memberikan ulasan tentang bagaimana pendapatnya terhadap produk tersebut. Ulasan-ulasan ini dapat membantu calon pembeli untuk mengetahui kualitas produk yang ingin dibeli. Namun produk yang sudah dibeli ribuan bahkan jutaan kali memiliki jumlah ulasan yang sangat banyak. Untuk mengambil gambaran umum tentang produk tersebut maka perlu menelusuri setiap ulasan yang telah ditulis, baik ulasan positif maupun negatif, sehingga membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Dalam penelitian kali ini akan dilakukan klasifikasi sentimen terhadap produk berupa pakaian rumah untuk wanita atau daster kemudian disimpulkan gambaran umumnya berdasarkan topik yang paling sering dibicarakan dalam ulasan dari masing-masing kelas sentimen. Klasifikasi dilakukan menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier. Akurasi yang diperoleh adalah 90,03%. Jumlah dataset sebanyak 2907 data ulasan, dengan 70% data latih dan 30% data uji. Kata kunci: belanja online, analisis sentimen, naïve bayes classifier, review produk, shopee

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 22 029
NIM/NIDN Creators: 41518110066
Uncontrolled Keywords: belanja online, analisis sentimen, naïve bayes classifier, review produk, shopee
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.3 Bibliographic Analysis and Control/Bibliografi Analisis dan Kontrol Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:09
Last Modified: 15 Sep 2022 04:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69102

Actions (login required)

View Item View Item