SETIAWAN, HENDRI (2022) KLASIFIKASI PENERAPAN PENGOLAHAN DATA MINING DALAM BIDANG AKADEMIK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (JURNAL MAHASISWA)
KOMPRE+41517010069+HENDRISETIAWAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Data mining dalam dunia pendidikan merupakan teknik yang dapat digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari proses dalam dunia pendidikan untuk memperoleh informasi baru dari data yang dimiliki sehingga berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah dengan memprediksi prestasi akademik dari pelajar atau mahasiswa. Klasifikasi akademik berdasarkan potensi akademik dapat menjadi strategi untuk meningkatkan kelulusan pelajar, meningkatkan prestasi belajar, dan juga untuk pengelolaan data akademik yang lebih baik. Hingga saat ini banyak Perguruan Tinggi yang membantu pemerintah dalam percepatan peningkatan mutu pendidikan sehingga terciptanya lingkungan yang kompetitif. Banyaknya data yang terdapat di Perguruan Tinggi dapat dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan kebutuhan dan diolah menjadi informasi yang bermanfaat sehingga dapat untuk mengetahui hubungan antara atribut-atribut data di dalamnya dapat di analisis dan keluaran yang diharapkan berupa kinerja siswa yang berkaitan dengan masa studi yaitu dapat dikategorikan sesuai atau terlambat dalam masa studi yang diantisipasi. Data mining dapat digunakan untuk institusi atau institusi pendidikan dan sering disebut dengan Educational Data Mining (EDM). Kata kunci: Klasifikasi, Clushtering, Data Mining, Akademik, Ilmu Komputer, Universitas Mercu Buana
Actions (login required)
View Item |