TAHAPAN PEMBUATAN IKLAN ROKOK STAR MILD VERSI “OBSESI SUTRADARA” DI TELEVISI

PURI, WINDI KARINA (2007) TAHAPAN PEMBUATAN IKLAN ROKOK STAR MILD VERSI “OBSESI SUTRADARA” DI TELEVISI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI FULL)
04300-076 - WINDY KARINA P.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Di dalam penerapan suatu promosi pada media khususnya pada media televisi, memerlukan keahlian yang berbeda dengan media lainnya. Perencanaan kreatif memiliki peran sangat besar dalam keberhasilan hasil kreatif iklan televisi, dan proses pembentukan iklan tersebut membutuhkan kekuatan audio visual yang memungkinkan iklan-iklan televisi tampil baik dan menarik. Untuk itu dalam membentuk iklan televisi memerlukan suatu proses perencanaan kreatif pembuatannya untuk dapat menarik, memenangkan perhatian dan membangkitkan minat khalayak penonton televisi. PT Bentoel selaku produsen jenis rokok kretek Star Mild melakukan kampanye secara strategis dengan membuat iklan televisi yang menggunakan beberapa versi dengan bekerjasama dengan McCann Erickson selaku biro iklannya. Dalam proses pembuatan iklan tersebut produsen dan biro iklan melakukan suatu perencanaan dalam menerapkan proses kreatif iklannya. Perumusan permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana tahapan pembuatan iklan rokok Star Mild versi ‘Obsesi Sutradara’ di Televisi? Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tahapan pembuatan iklan tersebut di televisi. Konsep yang digunakan mengacu pada konsep teori yang menjelaskan tahap-tahap dari perencanaan kreatif pembuatan suatu iklan yang dikeluarkan oleh Sandra E. Moriarty, serta tahap-tahap analisa SWOT yang dikemukakan oleh Geoffey Lancaster and David Jobber. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode studi kasus dengan tipe penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memperoleh data atau informasi dengan melakukan wawancara mendalam dengan beberapa nara sumber, yaitu bagian kreatif dari pihak McCann Erickson selaku biro iklan dan dengan Brand Manager dari pihak produsen yakni rokok Star Mild. Hasil secara keseluruhan mengenai perencanaan kreatif pembuatan iklan Star Mild versi “Obsesi Sutradara” bahwa pembuat iklan mencoba menampilkan sesuatu yang unik dengan mengangkat tema keseharian yakni semangat anak muda untuk mengejar cita-citanya dan menggunakan pendekatan humor. Dari sesuatu yang unik tersebut disimpulkan bahwa pembuat iklan mencoba mengingatkan, menanamkan dan meyakinkan konsumen dengan menggunakan suatu tema-tema iklan tersebut serta untuk meningkatkan awareness, menciptakan image serta remainding dan sekaligus meningkatkan penjualan produk.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 04300-076
Uncontrolled Keywords: TAHAPAN PEMBUATAN IKLAN ROKOK STAR MILD VERSI “OBSESI SUTRADARA” DI TELEVISI
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:01
Last Modified: 26 Aug 2022 03:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68527

Actions (login required)

View Item View Item