TINGKAT PERHATIAN KHALAYAK KOMUNITAS MOTOR TERHADAP IKLAN JUPITER MX 135 DI TABLOID MOTOR PLUS

IQBALL, MOCHAMMAD NOOR (2007) TINGKAT PERHATIAN KHALAYAK KOMUNITAS MOTOR TERHADAP IKLAN JUPITER MX 135 DI TABLOID MOTOR PLUS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI FULL)
04300-050 - Moch Noor Iqball.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Berbagai media alternative diciptakan oleh para pembuat iklan agar pesan yang disampaikan dapat dengan mudah dan cepat diingat oleh unsur oleh konsumen. Penampilan iklan yang menarik tercermin dari penggunaan media sebagai alat promosi. Dalam proses tingkat perhatian khalayak terhadap unsur – unsur iklan, seseorang dapat dipengaruhi oleh luas pengalaman dan lingkup referensinya. Berdasarkan hal tersebut melalui proses perhatian ia dapat mengenal dan memperhatikan unsur – unsur iklan yang tampil di Tabloid Motor Plus. Kerangka pemikiran yang dipakai oleh penulis adalah teori yang berkaitan dengan tingkat perhatian, seperti teori AIDA dan unsur-unsur iklan yang ada pada media cetak seperti bentuk, warna, merek, tataletak, headline, bodycopy, ilustrasi, typografi. Metode yang digunakan adalah metode survey, dengan menggali informasi dengan memberikan kuisioner yang mendalam terhadap sample penelitian yang telah ditentukan dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Hasil penelitian ini adalah responden pada umunya sudah mengenal produk, setelah produk tersebut diiklankan dimedia seperti media cetak Tabloid Motor Plus. Unsur-unsur iklan yang dibuat oleh pengiklan di Tabloid Motor Plus sudah cukup mendapatkan perhatian, seperti merk yang familiar serta dikenal oleh khalayak banyak dan ilustrasi yang merupakan unsur penting untuk mendapatkan perhatian dari khalayak luas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perhatian responden sangat tinggi dalam membaca iklan Jupiter MX 135. Ini dapat dilihat dari prosentase tingkat perhatian sebesar 64 % yang hampir keseluruhan responden memperhatikan setiap elemen iklan yang ditanyakan oleh penulis.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 04300-050
Uncontrolled Keywords: TINGKAT PERHATIAN KHALAYAK KOMUNITAS MOTOR TERHADAP IKLAN JUPITER MX 135 DI TABLOID MOTOR PLUS
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:39
Last Modified: 25 Aug 2022 07:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68488

Actions (login required)

View Item View Item