HAIDAR, AHMAD DZULFIKAR (2019) ANALISIS AERODINAMIK BODI MOBIL LISTRIL PROSOE KMHE 2019 MENGGUNAKAN CFD ANSYS Ver 17. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (737kB) | Preview |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (989kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
||
|
Text
COVER.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (458kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
||
Text
DAFTAR TABLE.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (779kB) |
||
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (689kB) |
||
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (873kB) |
||
|
Text
PENGHARGAAN.pdf Download (270kB) | Preview |
Abstract
Gaya angkat aerodinamika, gaya tahan mempunyai pengaruh yang berarti pada kendaraan baik ketika kecepatan sedang ataupun tinggi. Tingginya mobilitas saat ini yang mana memerlukan bahan bakar yang besar pula. Sehingga di perlukan penghematan bahan bakar salah satunya adalah dengan menerapkan ilmu aerodinamis se efektif mung. Seiring dengan terus berkembangkanya teknologi, banyak peneliti maupun enggineer pada industri otomotif berusaha menekan gaya coefficient of drag (Cd) seminimal mungkin, sehingga di dapatkan konsumsi bahan bakar seminim mungkin. Tujuan dari peneltian ini adalah mendapatkan nilai coefficient of drag yang sekecil mungkin di antara dua desain. Simulasi aerodinamika mobil dilakukan di dalam wind tunnel yang dilakukan melalui komputasi dengan menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD). Menggunakan metdoe turbulen k-epsilon relizable stradt wall function yang di tentukan berdasarkan validasi pada fenomena aliran streamline Bentuk streamline mobil berpengaruh terhadap tekanan dan kecepatan angin yang melalui mobil, sehingga perlu di perhatikan antara bentuk streamline suatu mobil dan frontal areanya. Pada mobil model pertama meliki distribusi tekanan yang lebih baik daripada tekanan pada model kedua. Pada mobil model pertama memiliki turbulensi lebih rendah pada bagian belakang sedangkan pada model kedua mempunyai turbulensi yang lebih tinggi dengan nilai Cd model pertama adalah 0,0036 sedangkan pada model kedua adalah 0,0068. Kata kunci: Aerodinamika, CFD, Coefficient of drag (Cd)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/MSN 19 017 |
NIM/NIDN Creators: | 41317320017 |
Uncontrolled Keywords: | Aerodinamika, CFD, Coefficient of drag (Cd) |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.3 Artificial Intelligence/Kecerdasan Buatan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 01:05 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 01:05 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/67565 |
Actions (login required)
View Item |