DARMAWAN, RUDY (2007) ANALISIS PEMBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (SKRIPSI FULL)
files659489733204.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
This research study about desain planning of individual training method being based on internet by accommodating individual characteristic. Such individual characteristic in this case is style characteristic learn theoritical proposed by david A. Kolb (1976). During the time the study method tend to orient items to be learned, this matter less according to study base on internet individually for lack is treatment difference to individual characteristic. With requirement existence in study system base on internet orienting to competitor, expected of a competitor more feel balmy and easy to conducting study process. This research conducted since not yet made available of study model base on ideal felt internet, so that need learned excess and insuffiency from each existing model, then be developed a better newfangled from existing best model. As for theory learn kolb propose that there are four phase in one cycle learn, difference from learn cycle only determine scenario dot strarting of just study, scenario experienced a training competitor depend on style characteristic learn. Process to learn experienced of competitor in this study designed system as according to process learn best by media input matching with the style characteristic learn to process the competitor study, Result of this research in the form of analysis competitor to study models base on existing internet, which then selected more come near perfection to be conducted a development utilize attainment is intention of the training. As for development itself by input media matching with the consumer characteristic. Penelitian ini membahas desain perencanaan metode pelatihan individual yang berbasis internet dengan mengakomodasi karakteristik individu. Karakteristik individu yang dimaksud dalam hal ini adalah karakteristik gaya belajar menurut teori belajar yang dikemukakan oleh David A. Kolb (1976). Selama ini metode pembelajaran cenderung berorientasi kepada materi yang akan dipelajari, hal ini kurang sesuai untuk pembelajaran berbasis internet secara individu karena tidak adanya perbedaan perlakuan terhadap karakteristik individu. Dengan adanya kebutuhan dalam sistem pembelajaran berbasis internet yang berorientasi kepada peserta, diharapkan peserta lebih merasa nyaman dan mudah dalam melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan karena belum tersedianya model pembelajaran berbasis internet yang dirasa ideal, sehingga perlu dipelajari kelebihan dan kekurangan dari setiap model yang ada, untuk kemudian dikembangkan sebuah model baru yang lebih baik dari model terbaik yang ada. Adapun teori belajar Kolb mengemukakan bahwa terdapat empat tahap dalam satu siklus belajar, Perbedaan dari siklus belajar hanyalah menentukan titik skenario dimulainya pembelajaran saja. Sehingga skenario yang dijalani seorang peserta pelatihan bergantung pada karakteristik gaya belajarnya. Proses belajar yang dialami peserta didalam sistem pembelajaran ini dirancang sesuai dengan proses belajar yang paling baik dengan memasukan media yang sesuai dengan karakteristik gaya belajar untuk proses pembelajaran peserta tersebut, Hasil penelitian ini berupa analisis pembandingan terhadap model-model pembelajaran berbasis internet yang ada, yang kemudian dipilih yang lebih mendekati sempurna untuk dilakukan pengembangan guna pencapaian tujuan dari pelatihan tersebut. Adapun pengembangannya itu sendiri adalah dengan memasukannya media yang sesuai dengan karakteristik pengguna.
Actions (login required)
View Item |