JULIA, ARDINA (2020) ANALISA HISTORY DATA CLAIM MEMBER ASURANSI KESEHATAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 UNTUK MENENTUKAN PROSES PEMBAYARAN PERSETUJUAN PENGOBATAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (JURNAL MAHASISWA)
Ardina Julia - 41515110178.pdf Restricted to Registered users only Download (875kB) |
Abstract
Asuransi Kesehatan merupakan salah satu hal yang menjadi kebutuhan pokok saat ini. Salah satu proses yang sering dilakukan dalam asuransi disuatu perusahaan adalah proses klaim. Dari proses pengajuan klaim tersebut dapat berstatus disetujui, ataupun tolak. Oleh karena itu, dari proses pengajuan klaim perlu diketahui kriteria lebih lanjut klaim dari member tersebut diterima atau ditolak dengan menggunakan history data klaim. Salah satu teknik pengolahan data yang dapat digunakan dalam proses tersebut adalah klasifikasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu tingkat akurasi 96,92%, presisi 96,40% dan recall 100,00%. Dari sisi keakurasian dapat dikatakan akurat dan dalam kategori baik. Rule model yang didapatkan dari pohon keputusan yaitu status member harus aktif untuk mengajukan proses klaim, jika tidak aktif maka status akan otomatis ditolak. Setelah itu melihat dari sisi biaya yang akan diklaim dan juga klaim type apakah dengan cashless atau reimburse Kata kunci: Akurasi, Pohon Keputusan, Rule Model, Presis, Recall
Actions (login required)
View Item |