BUSTOMI, AKHMAD (2019) APLIKASI VISUALISASI 3D BANGUNAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI (STUDI KASUS: UNIVERSITAS MERCU BUANA KAMPUS JATISAMPURNA BEKASI). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
01. Halaman sampul in review.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
02. Halaman sampul.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
03. Lembar Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
04. Surat Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
05. Surat Pernyataan Luaran Tugas Akhir.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
06. Lembar Persetujuan Pembimbing.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
07. Lembar Persetujuan Penguji.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
08. Lembar Pengesahan.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
09. Abstrak.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
10. Kata pengantar.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
11. Daftar Isi.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
12. Daftar Gambar.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
13. Daftar Tabel.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
14. Naskah Jurnal.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
15. Kertas Kerja.pdf Download (26kB) | Preview |
|
Text
16. Bagian 1 Literatur Review.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
||
Text
17. Bagian 2 Analisis dan Perancangan.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text
18. Bagian 3 Source Code.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
||
Text
19. Bagian 4 Dataset.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
||
Text
20. Bagian 5 Tahapan Eksperimen.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
||
Text
21. Bagian 6 Hasil Semua Eksperimen.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Akhmad Bustomi NIM : 41515210001 Pembimbing TA : Sri Dianing Asri, ST, M.Kom Judul : Aplikasi Visualisasi 3D Bangunan Sebagai Media Promosi (Studi Kasus: Universitas Mercu Buana Kampus Jatisampurna Bekasi) Promosi merupakan salah satu komponen penting dalam mengkomunikasikan suatu produk, yang dapat meningkatkan rasa ketertarikan seseorang terhadap produk tersebut. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, jenis-jenis promosi pun semakin beragam. Salah satunya, promosi melalui media Visualisasi 3 Dimensi. Penggunaan sudut pandang 3 Dimensi dalam menampilkan suatu produk/informasi, diyakini bisa meningkatkan daya tarik produk tersebut. Selain itu, penggunaan game engine pada visualisasi 3 Dimensi berfungsi sebagai media interaktif dalam mempromosikan suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah visualisasi dengan perspektif 3 dimensi sebagai media informasi dari setiap bangunan yang ada di Universitas Mercu Buana Jatisampurna Bekasi, dimana, dengan perspektif 3 dimensi detail lokasi dan bangunan akan terlihat lebih jelas. Diharapkan aplikasi visualisasi sebagai media informasi ini akan membantu calon mahasiswa baru serta dosen yang berada diluar wilayah Jatisampurna Bekasi dapat mengetahui serta melihat langsung seperti apa suasana dan detail lokasi dari Universitas Mercu Buana Jatisampurna Bekasi dalam bentuk Aplikasi Visualisasi 3D. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle), sebuah metodologi yang dipakai dalam pengembangan aplikasi multimedia. Setelah melalui seluruh tahapan pengujian dan mendapatkan status “Sesuai”, dapat disimpulkan bahwa aplikasi berjalan sebagaimana mestinya dan siap digunakan. Kata kunci: Aplikasi Visualisasi 3 dimensi; 3ds max; unity engine; 3D modelling; Universitas Mercu Buana ABSTRACT Name : Akhmad Bustomi Student Number : 41515210001 Counsellor : Sri Dianing Asri, ST, M.Kom Title : Aplikasi Visualisasi 3D Bangunan Sebagai Media Promosi (Studi Kasus: Universitas Mercu Buana Kampus Jatisampurna Bekasi) Promotion is one of the important components in communicating products, which can increase a person's interest in the product. Along with the development of technology, the types of promotions are increasingly diverse. One of them is promotion through 3 Dimensional Visualization media. The use of 3 dimensions in displaying a product, is believed to increase the attractiveness of the product. In addition, the use of game engines in 3-dimensional visualization serves as an interactive medium in promoting a product. The purpose of this study is to visualize with a 3-dimensional perspective as a medium of information from each building in the University of Mercu Buana Jatisampurna Bekasi, where, with a 3-dimensional perspective, the location and building details will be more clearly visible. It is expected that the visualization application as a medium of information will help prospective new students and lecturers who are outside the Jatisampurna Bekasi area know and see firsthand what the atmosphere and details of the location of Mercu Buana Jatisampurna Bekasi University in the form of 3D Visualization Application. The method used in this study is MDLC (Multimedia Development Life Cycle), a methodology used in developing multimedia applications. After going through all the testing stages and getting "Appropriate" status, it can be concluded that the application runs as it should and is ready for use. Keyword: 3D Visualization Application; 3ds max; Unity Engine; 3d Modelling; Universitas Mercu Buana
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FIK/INFO 19 027 |
NIM/NIDN Creators: | AKHMAD |
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Visualisasi 3 dimensi; 3ds max; unity engine; 3D modelling; Universitas Mercu Buana |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 06:10 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 06:10 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66632 |
Actions (login required)
View Item |