PENGARUH KEMAMPUAN DAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN ( Studi kasus Pada Kantor Suku Dinas pemadam Kebakaran Kotamadya Jakarta Barat )

CHOLIK, ABDUL (2007) PENGARUH KEMAMPUAN DAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN ( Studi kasus Pada Kantor Suku Dinas pemadam Kebakaran Kotamadya Jakarta Barat ). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Cover)
CAPER TESIS.pdf

Download (965kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak UMB.pdf

Download (578kB)
[img] Text (Bab 1-5)
TESIS bab1,2,3,4,5 anwar prabu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran 1,2,3,4,5,6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan kinerja Pegawai Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kotamadya Jakarta Barat, sangat berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat sehingga kemampuan dan motivasi pegawai harus selalu menjadi perhatian Pimpinan. Karena tingkah laku dan kebijakan yang diambil pimpinan akan sangat mempengaruhi motivasi kerja pegawai. Begitu pula halnya dengan kemampuan pegawai pimpinan senantiasa meningkatkan kemampuan pegawainya dengan cara memberi kesempatan mengikuti penataran, diklat- diklat, pelatihan danl lain- lain, yang pada gilirannya akan mempengaruhi motivasi pegawai dalam melakukan pelayanan pencegahan dan penanggulangan kebakaran kepada masyarakat Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa (1) gambaran kemampuan, motivasi pegawai Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kotamadya Jakarta Barat dan kualitas pelayanan pencegahan dan penanggulangan kebakaran; (2) pengaruh kemampuan pegawai terhadap kualitas pelayanan pencegahan dan penanggulangan kebakaran; (3) hubungan motivasi kerja pegawai dengan kualitas pelayananan pencegahan dan penanggulangan kebakaran dan (4) pengaruh kemampuan dan motivasi kerja pegawai secara simultan terhadap kualitas pelayanan pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa besarnya pengaruh secara simultan antara kemampuan pegawai (X1) dan motivasi kerja (X2) terhadap kualitas pelayanan kesehatan (Y) sebesar 0,895 tergolong kuat = R 2 x 100% atau 0,8952 x 100 % = 80,1% dan sisanya 19,9 % ditentukan oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian diats maka disarankan kepada para penentu kebijakan atau pimpinan untuk (1) memberikan kesempatan kepada pegawai untuk mengikuti penataran- penataran, diklata- diklat, melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi baik formal maupun informal sehingga mampu bersaing dalam era globalisasi sekarang ini. (2) melibatkan pegawai dalam ikut merumuskan program kerja sehingga akan menumbuhkan rasa memiliki organisasi tersebut. (3) Penanaman disiplin harus diimbangi dengan pemberian kompensasi. (4) Melakukan peningkatan pran serta masyarakat dengan jalinan komunikasi dua arah dalam peningkatan ketahanan lingkungan. (5) tersedianya sarana dan prasarana yang standard dan memadai. (6) Meningkatkan kerja sama dengan instansi lain. Untuk penelitian lebih lanjut, sebaiknya lakukakan pula penelitian tentang kinerja pegawai Suku Dinas Pemadam Kebakaran kotamadya Jakarta Barat yang dipengaruhi variabel- variabel lain misalnya disiplin pegawai dan dan motivasi.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-07-173
NIM/NIDN Creators: 5510412-029
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 26 Jul 2022 08:00
Last Modified: 26 Jul 2022 08:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66188

Actions (login required)

View Item View Item