PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA HOTEL INDRA PURI DI BANDAR LAMPUNG

FIRMAWATI, YENI (2007) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA HOTEL INDRA PURI DI BANDAR LAMPUNG. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Full Tesis)
YENI FIRMAWATI 55105120045.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)

Abstract

“The influence of service quality and pricing to the loyality of costumer on the Indra Puri Hotel in Bandar Lampung”, as a study on the relationship between dependent variable and the indenpendent variable. The economics development and technology improvement will mostly make a positive impact on the development of a region, this is what is happening in the region of Lampung with the province capital, Bandar Lampung. So that it will also impact to the visit of investor or specialist to Lampung. And this is an opportunity in the hotel service bussiness to attract the visitor that came to Bandar Lampung and stay for lodging at the hotels that is provided. This will create a competition among the hotel in Bandar Lampung, to attract the visitor that came to Bandar Lampung. And this will make the hotel owner to put their best effort so the guest or visitor to always use their hotel for lodging when they come. Based on that reason the Indra Puri Hotel will make their best effort to compete in the issue of service quality and price that they offer to the costumer. With the objective so that the guest or visitor that visit to Bandar Lampung will always return to Indra Puri Hotel, and hopely those guest or visitor will remember and loyal to the Indra Puri Hotel when they are in Bandar Lampung. Thereby both the service quality and pricing have the influence to the loyality of consumer, this is proven by the calculation of F-hitung on 100 respondent of Indra Puri Hotel consumer, there for the result of the calculation is F = 61,922 with p = 0,00, because p < 0,005 there for there are a significant influence together. Based on the calculation of each of the variable, the service quality have a significant influence to the costumer loyality, while pricing has less significant influence to the costumer loyality. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas pelanggan pada Hotel Indra Puri di Bandar Lampung”, sebagai suatu kajian akan hubungan variabel bebas dan variabel terikat. Perkembangan ekonomi dan kemajuan tekhnologi akan mengakibatkan dampak yang sebagian besar positif pada perkembangan pada suatu daerah, begitu pula yang terjadi di daerah Lampung dengan ibukota profinsi, Bandar Lampung. Sehingga ini akan berdampak pula terhadap kunjungan para tamu investor atau tenaga ahli ke Lampung. Dan ini merupakan peluang pada usaha jasa bidang perhotelan untuk menarik para pengunjung yang datang ke Bandar Lampung dan tinggal menginap di hotel yang telah disediakan. Sehingga ini menimbulkan persaingan antara sesama hotel yang ada di Bandar Lampung, dalam menarik para pengunjung yang datang ke Bandar Lampung. Dan ini membuat pihak pengelola hotel berusaha semaksimal mungkin agar tamu selalu menggunakan atau menginap pada hotel yang dibawah naungannya. Berdasarkan alasan tersebut maka pihak Hotel Indra Puri semaksimal mungkin akan bersaing dalam masalah kualitas pelayanan dan harga yang ditawarkan terhadap tamu. Dengan tujuan agar tamu yang berkunjung ke Bandar lampung akan selalu kembali ke hotel indra puri, dan diharapkan tamu tersebut akan selalu ingat dan loyal terhadap hotel indra puri apabila ada di Bandar Lampung. Dengan demikian kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan, ini dibuktikan pada perhitungan F-hitung pada 100 responden pelanggan hotel indra puri, maka didapat hasil nilai F=61,922 dengan p=0,000, karena p < 0,005 maka terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama. Berdasarkan perhitungan masing-masing variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan harga kurang berpengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-07-065
NIM/NIDN Creators: 55105120045
Uncontrolled Keywords: mps, manajemen pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:40
Last Modified: 19 Jul 2022 02:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/65427

Actions (login required)

View Item View Item