PERENCANAAN JEMBATAN RANGKA BAJA DENGAN PELAT LANTAI ORTOTROPIK

FAUZAN, AHMAD DZIKRI (2017) PERENCANAAN JEMBATAN RANGKA BAJA DENGAN PELAT LANTAI ORTOTROPIK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Cover.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II Landasan Teori_AZF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III Metodologi Penelitian_AZF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (BSB IV)
6. BAB IV Analisa Struktur.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Jembatan rangka baja pada umunya menggunakan pelat lantai berupa beton komposit maupun beton bertulang. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, mulai dikembangan pelat lantai jembatan ortotropik di Indonesia. Lantai ortotropik yang terbuat dari baja dinilai lebih ringan dan lebih mudah diterapkan pada proses konstruksi. Dengan beban mati yang lebih ringan diharapkan lantai ortotropik ini dapat menambah daya layan dari jembatan. Sehingga struktur jembatan yang direncanakan dan dibuat menjadi ekonomis dan efisien. Jembatan rangka baja ini direncanakan dengan panjang span 60m. Jembatan memiliki lebar 10m, yang terdiri dari lebar jalan 7m dan 2x1.5 m untuk trotoar. Struktur jembatan terdiri dari struktur pelat lantai baja ortotropik yang diaplikasikan pada struktur rangka jembatan. Pembebanan dan Analisa perhitungannya dilakukan secara manual dibantu dengan penggunaan program analisis struktur SAP2000. Dilakukan perbandingan hasil analisis penggunaan pelat lantai ortotropik pada struktur jembatan terhadap penggunaan pelat lantai konvensional. Berdasarkan hasil analisis didapatkan nilai hasil lendutan pada jembatan ortoropik sebesar 25.73 mm, nilai ini masih lebih kecil dibandingkan dengan lendutan pada jembatan konvensional sebesar 37.55 mm. Jembatan ortotropik memiliki berat 878.59 Ton, berat struktur ini masih lebih kecil dibandingkan dengan berat struktur pada jembatan konvensional sebesar1008.59 Ton. Kata kunci: Pelat Lantai Ortotropik, Jembatan Rangka Baja, Analisa Struktur Jembatan Dengan Program Analisis SAP2000

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 17 191
NIM/NIDN Creators: 41115120089
Uncontrolled Keywords: Pelat Lantai Ortotropik, Jembatan Rangka Baja, Analisa Struktur Jembatan Dengan Program Analisis SAP2000
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 307 Communities/Komunitas
600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan
600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan > 690.1-690.9 Standard Subdivisions of Planning, Anaysis, Engineering Design/Subdivisi Standar Dari Perencanaan, Analisa dan Teknik Bangunan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 29 May 2022 03:25
Last Modified: 01 Apr 2024 08:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/62096

Actions (login required)

View Item View Item