PENGARUH MARKETING MIX, LAYANAN PURNA JUAL DAN HBUNGAN INDIVIDU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH DOKTER

ISMIYATININGSIH, SRI (2008) PENGARUH MARKETING MIX, LAYANAN PURNA JUAL DAN HBUNGAN INDIVIDU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH DOKTER. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-6)
bab 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Medical equipment industry in Indonesia very rapidly grow along with to the number of new hospital either government hospital or private sector. One of tool that can support improvement of health service is anaesthesia machine. Players in area of medical equipment at present are plenty, even every year always emerge new company in Indonesia. GE Healthcare as one of players in Indonesia try to maintain it’s product excellent. This research tries to study various indicators of purchase decisions such as marketing mix, service excellence and individual relation made by the doctors. Both primary and secondary data were employed in this study. Primary data were gathered through questionnaire. Total 100 respondents of anaesthesiologist gained from the field. In-depth interviews were also implemented. Regression analysis was used in this study. Findings show that all indicators marketing mix, service excellence and individual relations were found significant and thus all the hypotheses were accepted. Based on the findings suggestions were made as follows: (1) shall all elementary bodies that implied in marketing mix must can correspond to existing environment situation, product that offered more signalized hit excellence and excess owned by compared to other product that of a kind, company shall can select promotion type that used , shall made with price vie with goods of a kind from other company, make distribution design that either so up to on schedule on-hand customer or consumer shall every employees have special skill during run its job, can communicate with good and professional and have high interest, effort to construct and develop relation and relationship must are extended and improved. Industri alat kesehatan di Indonesia sangat berkembang pesat seiring dengan banyaknya rumah sakit baru baik rumah sakit pemerintah maupun swasta. Salah satu alat yang dapat menunjang penigkatan jasa pelayanan kesehatan adalah Mesin Anesthesia. Pelaku pasar di bidang alat kesehatan saat ini sangat banyak bahkan setiap tahun selalu muncul perusahaan perusahaan baru di Indonesia. GE Healthcare sebagai salah satu pelaku pasar di Indonesia berusaha mempertahankan keunggulan produknya sehingga perlu dikaji lebih jauh hal hal yang menjadi motivasi dokter dalam menentukan pembelian produk. Dalam penelitian ini diangkat beberapa indikator yang dipakai oleh dokter dalam menentukan keputusan pembelian produk yaitu : marketing mix, layanan purna jual dan hubungan individu. Jadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh marketing mix (X1) terhadap keputusan pembelian (Y), Mengetahui pengaruh layanan purna jual (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) dan hubungan individu (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) serta gabungan dari ketiganya (X1, X2 & X3) terhadap keputusan pembelian (Y). Secara simultan variabel marketing mix, layanan purna jual dan hubungan individu memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian oleh dokter terhadap mesin anesthesia. Dari hasil analisis data dengan menggunakan SPSS regresi linear berganda terhadap variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat diperoleh nilai Fhitung sebesar 119,298. Nilai sig dari F tersebut = 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Karena nilai F hitung 4,888 > dan nilai sig < 0,05 Dengan demikian Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel bebas secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka dapat diajukan beberapa saran sebagai berikut : 1. Seperti diketahui marketing mix terdiri dari produk, promosi, harga dan distribusi. Berkaitan dengan marketing mix yang menjadi variabel penelitian, maka hendaknya semua unsur yang terkandung dalam marketing mix harus mampu menyesuaikan dengan situasi lingkungan yang ada. Pada tingkat produk hendaknya produk yang ditawarkan lebih ditonjolkan mengenai keunggulan dan kelebihan yang dimiliki dibandingkan dengan produk lain yang sejenis. Pada tingkat promosi perusahaan hendaknya mampu memilih jenis promosi yang digunakan. Mengingat jenis produk yang ditawarkan memiliki spesifikasi dan segmen pasar tertentu maka jenis promosi dengan mendatangi konsumen dan mengadakan pendekatan dengan teknik tertentu yang dianggap cukup maksimal terutama saat diadaan pameran, disamping melalui iklan terutama media elektronik seperti televisi. Dalam hal harga hendaknya dibuat dengan harga bersaing dengan barang sejenis dari perusahaan lain. Pada tingkat distribusi, hendaknya perusahaan membuat desain distribusi yang baik sehingga sampai dengan tepat waktu ditangan pelanggan atau konsumen. 2. Pelayanan merupakan faktor penting dalam keputusan pembelian. Untuk mencapai tingkat layanan purna jual yang maksimal hendaknya setiap karyawan yang berhubungan dengan bagian pelayanan khususnya, memiliki keterampilan khusus selama menjalankan pekerjaannya, mampu berkomunikasi dengan baik dan profesional serta memiliki kompetensi yang tinggi merupakan salah satu usaha yang harus dipenuhi agar terjadi pembelian produk yang ditawarkan. 3. Hubungan individu terbukti memiliki pengaruh yang kuat terhadap keputusan pembelian. Oleh karenanya upaya untuk membina dan mengembangkan hubungan dan relasi perlu diperluas dan ditingkatkan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-08-053
NIM/NIDN Creators: 55106110149
Uncontrolled Keywords: keputusan pembelian, MPS, Manajemen Pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 24 May 2022 06:45
Last Modified: 15 Jul 2022 07:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61708

Actions (login required)

View Item View Item