STRATEGI PEMASARAN PT. MULTISTRADA ARAH SARANA TBK. DALAM MEREBUT PASAR BAN PCR REPLACEMENT DARI MARKET LEADER

SUSANA, ENDAH (2008) STRATEGI PEMASARAN PT. MULTISTRADA ARAH SARANA TBK. DALAM MEREBUT PASAR BAN PCR REPLACEMENT DARI MARKET LEADER. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-7)
bab 1-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)

Abstract

PT. Multistrada Arah Sarana Tbk. (MASA) is an innovative Indonesia–based company. The scope of the company’s activities is manufacturing of tyres for all types of vehicles. Currently, the company is engaged in the manufacturing of tyres of four or more wheeled motor vehicles. In 2006, MASA experienced dramatic improvements in revenue with overall sales rose from Rp. 327 billion to Rp. 568 billion. But other issue of note is the gradual saturation of the tire market, where supply will outpaces demand. This has obvious implications for MASA, and for the tire industry as whole. Author was interested to conduct her research at this new tire company as its product is still very young and need to be supported with a well designed marketing strategy in order to compete with other brands such as: Bridgestone, Dunlop, GT Radial, Good year, Accelera, etc. In this research author used the descriptive research method. Data is being collected through literature study and internal database of MASA. Data analysis consists of external and internal environment analysis (TOWS), and 9 core elements in marketing. The conclusion from this research is the competition between the same tire industries is very tight. MASA has to develop its strategy as a part of an overall effort to increase its market share in PCR tyre. MASA can apply an aggressive and concentrated growth strategy by exploited its internal strength such as market and product development strategy so the future objective of this company can be achieved. PT. Multistrada Arah Sarana Tbk. (MASA) adalah produsen ban inovatif yang berbasis di Indonesia. Ruang lingkup kegiatan perusahaan adalah menjalankan usaha di bidang industri ban yang mencakup usaha pembuatan ban untuk semua jenis kendaraan bermotor. Saat ini perusahaan bergerak dalam bidang industry pembuatan roda empat atau lebih. Pada tahun 2006, MASA mengalami peningkatan pendapatan yang cukup dramatis dengan penjualan yang meningkat dari 327 milyar menjadi 568 milyar. Namun demikian masalah lain yang perlu dicatat adalah pasar ban yang akan jenuh secara perlahan, pada saat dimana persediaan melebihi permintaan. Hal ini jelas akan mempengaruhi MASA dan industri ban secara keseluruhan. Penulis tertarik melakukan risetnya pada perusahaan ban baru tersebut sebagaimana produk ban radial MASA masih sangat baru dan butuh didukung dengan suatu rancangan strategi yang baik agar dapat bersaing dengan brand- brand lain seperti: Bridgestone, Dunlop, GT Radial, Good year, Accelera dan sebagainya. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode analisa deskriptif. Data dikumpulkan melalui studi pustaka dan data internal perusahaan. Data yang dianalisis terdiri dari analisa lingkungan eksternal dan internal, dan 9 elemen pemasaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persaingan antar sesama industri sangatlah ketat. MASA harus meningkatkan strateginya sebagai bagian dari usaha meningkatkan pangsa pasarnya di pasar ban PCR. MASA juga dapat menerapkan strategi pertumbuhan agresif dan konsentrasi pada pertumbuhan dengan eksplorasi sumberdaya internal berupa market development dan product development sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-08-086
NIM/NIDN Creators: 55106120068
Uncontrolled Keywords: pemasaran, MPS, Manajemen Pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 24 May 2022 03:59
Last Modified: 18 Jul 2022 04:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61670

Actions (login required)

View Item View Item