PENGARUH KEPUASAN HUBUNGAN BUSINESS TO BUSINESS, KEPERCAYAAN, KOMITMEN TERHADAP RETENSI PEMBELIAN ( STUDI KASUS KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI INDONESIA )

SUGIARTA, I DEWA NYOMAN AGUS (2008) PENGARUH KEPUASAN HUBUNGAN BUSINESS TO BUSINESS, KEPERCAYAAN, KOMITMEN TERHADAP RETENSI PEMBELIAN ( STUDI KASUS KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI INDONESIA ). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-6)
bab 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)

Abstract

Motorcycle industry in Indonesia has grown fast and very prospective for the perpetrators of business. Therefore all the motorcycles component suppliers are competing very hard to get orders from the OEM (Original Equipment Manufacturer). In Indonesia there are 8 OEMs, but there are more than 350 suppliers which generate a very tight & close competition among thems. It is not easy to get new order or to maintain the existing orders. This is because the OEMs has more bargaining power to appoint their supplier based on their own consideration. Such condition resulting the competition among the suppliers become very tight. Suppliers must be able to create sustainable competitive advantage for themselves, and the relationship with OEMs become very critical. Satisfaction, trust, commitment for the continuous relationship is the topic of this research. Effect analysis of satisfaction of relationship, trust, commitment to a relation retention will be done, where the result is expected can be used for suppliers to build a long term relationship. The research method was carried out in the motorcycle industry as the object of the research by spreading the questionnaire to people that be related directly to suplier. The data was processed by using the quantitative analysis by the program of SPSS. Result of this data was input for suplier to maintain long- term relations that had an impact in sustaining the business. The conclusion of this research is relations satisfaction and commitment had strong influence towards retention of relations that had an impact on retention of the purchase with trust as the main key to appoint a long-term relations. Sustaining Competitive Advantage as the recommendation to the management which is oriented to the superior product and quality, the superior innovation, the superior service, and the superior responsiveness. Therefore trust and commitment shifted and Sustaining Competitive Advantage are the suggestion in the next research. Pertumbuhan industri kendaraan bermotor roda dua di Indonesia tumbuh dengan pesat dan sangat prospektif bagi pelaku bisnis. Oleh karenanya suplier berlomba-lomba untuk mendapatkan order dari perusahaan pelanggan. Populasi yang sedikit yaitu sekitar 8 perusahaan sedangkan perusahaan pemasok lebih dari 350 perusahaan, membuat tingkat persaingan yang ketat antar suplier. Tidak mudah mendapatkan order baru maupun mempertahankan order yang ada, hal ini dapat dimengerti karena perusahaan pelanggan mempunyai bargaining power yang lebih besar. Dalam arti pelangan bebas memilih suplier dengan beberapa pertimbangan. Melihat kondisi di atas menjadikan persaingan di tingkat suplier menjadi tinggi. Pemasok harus bisa menciptakan Sustainable Competitive Advantage bagi perusahaannya dan hubungan menjadi sangat penting. Hubungan terkait dengan kepuasan, kepercayaan, komitmen untuk berlanjutnya sebuah hubungan sebagai topik penelitian ini. Akan dianalisa pengaruh kepuasan hubungan, kepercayaan, komitmen terhadap retensi hubungan, yang nantinya informasi ini dapat dijadikan acuan oleh suplier untuk membangun hubungan jangka panjang. Metode penelitian dilakukan pada industri sepeda motor sebagai objek penelitian dengan menyebarkan kuesioner kepada orang-orang yang terkait langsung dengan suplier. Data diolah dengan menggunakan analisa kuantitatif dengan menggunakan program SPSS. Hasil dari data olahan tersebut merupakan masukan bagi suplier untuk mempertahankan hubungan jangka panjang yang berdampak pada kebersinambungan bisnis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kepuasan hubungan dan komitmen mempunyai pengaruh yang kuat terhadap retensi hubungan yang berdampak pada retensi pembelian dengan kepercayaan sebagai kunci utama terjalinnya hubungan jangka panjang. Sustaining Competitive Advantage sebagai rekomendasi ke manajemen dengan berpedoman pada superior product dan kualitas, superior innovation, superior service, dan superior responsiveness. Oleh karenanya bergesernya kepercayaan,komitmen, dan Sustaining Competitive Advantage merupakan saran pada penelitian berikutnya.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-08-082
NIM/NIDN Creators: 55106120091
Uncontrolled Keywords: supplier, tingkar persaingan, populasi, MPS, Manajemen Pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 24 May 2022 03:42
Last Modified: 18 Jul 2022 03:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61662

Actions (login required)

View Item View Item