ANALISIS PERSEPSI KUALITAS DAN KESADARAN PREVENTIF SERTA PENGARUHNYA TERHADAP INTENSI PERILAKU PENGGUNA RUMAH SEHAT HARAPAN KITA JAKARTA

FANARO, DEDE WIMPRIANDA (2008) ANALISIS PERSEPSI KUALITAS DAN KESADARAN PREVENTIF SERTA PENGARUHNYA TERHADAP INTENSI PERILAKU PENGGUNA RUMAH SEHAT HARAPAN KITA JAKARTA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-6)
bab 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)

Abstract

Hospital as an integral part from overall health services system have assignment to healthy efforts capacity in order to give the best result with prominent for healing and repairing as synergy and holistic by increasing health degree also build referral interaction. Existency of hospital have an important character as healthy services provider to approach function of preventive, curative, rehabilitative and promotive. In other hand to defense of hospital existency have to consider about need and want from patients as consumen, it will be given feed back from patients to health services quality perception to hospital it self. In this study, we are choosing Cardiac and Vascular Harapan Kita Hospital as object research because since 2004 have already implemented function of preventive dan promotive by offering concept of “Rumah Sehat”. Due to increase awarenesess of better preventive intervention, we need to evaluate of quality perception and behaviour intention from patient of ”Rumah Sehat”. The results of this study shows that functional attribute as supporting prominent compare with technical and image attribute to build dimension of quality perception from health services “Rumah Sehat”. The quality perception proven have influence important and significant to behavioral intention of “Rumah Sehat”, mean while quality perception have influence to behavioral intention of “Rumah Sehat” but not dependency from awareness of preventive intervention. Recommendation for Cardiac and Vascular Harapan Kita Hospital must be maintained existence of “Rumah Sehat” because better proven value of image, technical and functional for patients or societies eventhough become superior services product to develop strategic of hospital as institution to roll out social – economic function to facing global competition from international hospital network. Rumah sakit sebagai bagian terpadu dari keseluruhan sistem pelayanan kesehatan mempunyai tugas melaksanakan upaya kesehatan secara berdayaguna dan berhasil guna dengan mengutamakan upaya penyembuhan dan pemulihan yang dilaksanakan secara serasi dan terpadu dengan upaya peningkatan derajat kesehatan dan pencegahan penyakit serta melaksanakan upaya rujukan. Keberadaan rumah sakit mempunyai peranan yang sangat penting yaitu sebagai penyedia jasa kesehatan yang menjalankan fungsi preventif, kuratif, rehabilitatif dan promotif. Disisi lain untuk mempertahankan eksistensi rumah sakit harus selalu memperhatikan keinginan pasien (konsumen), hal ini akan dapat memberikan feed back / umpan balik dari pasien terhadap persepsi kualitas pelayanan yang mereka tanamkan kepada rumah sakit yang bersangkutan. . Penulisan karya akhir ini memilih RS. Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita sebagai objek penelitian karena sejak tahun 2004 telah memulai pelaksanaan fungsi preventif dengan menawarkan konsep ”Rumah Sehat” yang sekaligus dapat dijadikan unsur promotif terhadap masalah pola hidup sehat bagi masyarakat. Untuk dapat memberikan kesadaran tindakan preventif yang lebih baik dan optimal maka perlu dilakukan evaluasi persepsi kualitas dan intensi perilaku dari pengguna produk layanan ”Rumah Sehat” dari RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis maka atribut fungsional merupakan penunjang utama dibandingkan atribut teknikal dan atribut citra untuk membentuk dimensi kualitas persepsi yang baik dari pelayanan jasa kesehatan Rumah Sehat. Dimana persepsi kualitas terbukti memiliki pengaruh penting dan bermakna terhadap intensi perilaku pengguna datang ke Rumah Sehat, sedangkan persepsi kualitas memiliki pengaruh terhadap intensi perilaku konsumen datang ke Rumah Sehat tidak tergantung kepada kesadaran terhadap tindakan preventif. Adapun rekomendasi kepada RSJPD-HK harus tetap mempertahankan produk layanan Rumah Sehat karena terbukti mempunyai nilai citra, tekhikal dan khususnya nilai fungsional yang bagus dan positif di mata konsumen maupun masyarakat luas bahkan dapat dijadikan produk layanan unggulan dalam mengembangkan strategi sebuah institusi rumah sakit terhadap fungsi sosial ekonomis dalam menghadapi persaingan global dari jaringan rumah sakit internasional.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-08-065
NIM/NIDN Creators: 55106120096
Uncontrolled Keywords: pelayanan, MPS, Manajemen Pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 24 May 2022 03:29
Last Modified: 18 Jul 2022 02:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61656

Actions (login required)

View Item View Item