PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI FRONTLINER TERHADAP PRESTASI PENANGANAN KREDIT MACET PT. CONSUMER CREDIT COMPANY

TANURAHARJA, FRANSISCA JUANDA (2009) PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI FRONTLINER TERHADAP PRESTASI PENANGANAN KREDIT MACET PT. CONSUMER CREDIT COMPANY. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Hal Cover)
cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-6)
bab 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)

Abstract

Salah satu faktor keunggulan kompetitive perusahaan dalam era globalisasi ini adalah kompetensi sumber daya manusianya, di balik kesuksesan satu perusahaan pasti ada sumber daya manusia yang unggul, mari kita tengok faktor apa yang mempengaruhi keunggulan satu manusia dari manusia yang lain, tidak lain adalah kompetensi yang dimilik seseorang dan motivasi yang mendorong orang itu untuk bertindak, kompetensi lebih kearah , attitude, knowlegde dan skill, sedangkan motivasi adalah dorongan dari luar ataupun dari dalam yang membuat orang berkarya. Dalam industri pembiayaan yang cukup kompetitive, kompetensi dan motivasi frontliner mereka sangat erat berhubungan dengan keberhasilan perusahaan mengendalikan risiko, tercermin dalam angka kredit macetnya yang tidak boleh melewati angka cadangan, dua fungsi utama dari frontliner yang penting adalah, waktu sebelum terjadinya piutang dibutuhkan kompetensi seorang surveyor untuk menganalisa calon konsumen, dan setelah terjadi piutang dibutuhkan kompetensi seorang kolektor untuk mengelola piutang konsumen agar tidak terjadi gagal bayar, dengan dua kompetensi inti tersebut, ditambah dengan motivasi yang tinggi perusahaan akan dapat mengelola kredit macetnya dengan lebih baik. Dari metode analisa regresi linier ganda diperolah angka koefisien korelasi untuk factor motivasi 0.188, kompetensi 0.346. dan untuk produktivitas 0.155, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 97.8% yang berarti selain ketiga factor tersebut, angka kredit macet juga dipengaruhi oleh factor diluarnya sebesar 2.2%, dan dengan uji F didapat nilai F hitung 150.129 lebih tinggi dari F table 3.71, maka hipotesa yang menyatakan bahwa ada pengaruh antara ketiga factor tersebut dengan penanganan kredit macet terbukti dan dapat dilakukan ke polulasi.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-09-160
NIM/NIDN Creators: 55106110087
Uncontrolled Keywords: msdm, manajemen sumber daya manusia
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 14 May 2022 04:44
Last Modified: 15 Jul 2022 04:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61136

Actions (login required)

View Item View Item