SIREGAR, MUSTAFAWIYAH RAMADAN (2019) ANALISIS KARAKTERISTIK PELUMAS PADA HYBRID URBAN KMHE 2018 DENGAN PARAMETER NILAI SAE YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
1. Halaman Judul (Mustafawiyah Ramadan Siregar - 41314110008).pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak (Mustafawiyah Ramadan Siregar - 41314110008).pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan (Mustafawiyah - 41314110008).pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan (Mustafawiyah - 41314110008).pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar (Mustafawiyah - 41314110008).pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi (Mustafawiyah - 41314110008).pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel (Mustafawiyah - 41314110008).pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar (Mustafawiyah - 41314110008).pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran (Mustafawiyah - 41314110008).pdf Download (128kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. BAB I (Mustafawiyah - 41314110008).pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
Text (BAB II)
11. BAB II (Mustafawiyah - 41314110008).pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) |
||
Text (BAB III)
12. BAB III (Mustafawiyah - 41314110008).pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
||
Text (BAB IV)
13. BAB IV (Mustafawiyah - 41314110008).pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
||
Text (BAB V)
14. BAB V (Mustafawiyah - 41314110008).pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka (Mustafawiyah - 41314110008).pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran (Mustafawiyah - 41314110008).pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
Abstract
Pelumas pada mesin sangat penting karena tanpa pelumas maka komponen mesin akan mengalami gesekan secara langsung sehingga dapat menimbulkan keausan yang berlebihan dan merusak komponen mesin yang sangat vital. Sistem ini memanfaatkan hisapan dan tekanan pompa oli pelumas tipe internal gear untuk mensirkulasikan oli pelumas ke seluruh komponen mesin yang saling bersinggungan. Gangguan yang sering terjadi pada sistem pelumasan adalah tekanan oli yang terlalu rendah, tekanan oli terlalu tinggi, pemakaian oli boros, dan oli berubah menjadi encer. Usaha pencegahan terjadinya kerusakan pada sistem pelumasan adalah dengan melakukan perawatan dan penggantian komponen-komponen sistem pelumasan pada mesin. Analisis Karakteristik Pelumas pada Hybrid Urban KMHE 2018 dengan Parameter Nilai SAE yang Berbeda bertujuan menentukan penggunaan minyak pelumas yang harus digunakan serta mengetahui jenis dan kualitas oli yang baik sesuai dengan spesifikasi mesin sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada komponen mesin. Untuk mencapai performa terbaik, maka dilakukan analisis jenis oli yang akan direkomendasikan pada kendaraan berdasarkan hasil uji coba lab. Dua jenis oli yang akan diuji untuk mesin penggerak mobil Hybrid Urban KMHE 2018, yaitu oli SAE 10W-30 dan oli SAE 20W-40. Kedua jenis oli dengan SAE ini yang diuji pada kendaraan uji sehingga dapat ditentukan oli mana yang akan digunakan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan data primer, yakni dari hasil kajian literatur yang melakukan penelitian terkait pembahasan pelumas dan pengambilan data juga dilakukan dengan melakukan pengamatan secara langsung di lapangan. Keseluruhan data oli sebelum pengujian dan setelah pengujian akan dibandingkan dengan menggunakan variabel densitas oli, viskositas kinematik, indeks kekentalan oli, tingkat keasaman oli dan perubahan warna pada oli dalam bentuk gambar, tabel dan grafik. Pengujian karakteristik kedua oli mengalami perubahan karakteristik oli pada densitas, viskositas kinematik, keasaman, perubahan warna tampilan dan indeks viskositas. Pengujian dan analisis perubahan karakteristik berdasarkan densitas kedua oli turun setelah diuji pada mesin, penurunan pada oli SAE 20W-40 mengalami penurunan yang rendah (baik) yaitu 42,22 kg/m3 (suhu 400 C) dan 93,75 kg/m3 (suhu 1000 C). Sementara perubahan karakteristik berdasarkan viskositas kinematik, oli SAE 10W-30 mengalami kondisi yang stabil karena mengalami penurunan yang kecil pada suhu 400 C turun menjadi 1,64 cSt dan pada suhu 1000 C naik pada angka 0,76 cSt. Pengujian viskositas kinematik ini juga membuktikan oli SAE 10W-30 lebih stabil viskositas nya dalam temperatur tinggi. Untuk perubahan karakteristik berdasarkan tingkat keasaman oli, oli SAE 20W-40 mengalami kenaikan keasaman dengan selisih yang kecil dari kondisi netral dengan selisih 3,3. Perhitungan perubahan indeks viskositas oli baik sebelum dan sesudah pengujian yang baik ada pada oli SAE 20W-40 karena mengalami kenaikan setelah pengujian pada mesin yang naik pada angka 2,12. Secara keseluruhan pengujian dan perbandingan, oli SAE 20W-40 direkomendasikan untuk menjadi oli pilihan pada kendaraan Hybrid Urban KMHE 2018 Tim Geni Biru karena keunggulan stabilitas indeks viskositas, penurunan tingkat keasaman dan oli tersebut tidak mudah menguap dalam temperatur yang tinggi karena angka viskositasnya yang tinggi. Pemilihan jenis pelumas dan komponen dalam sistem pelumas kendaraan yang tepat akan mempengaruhi kinerja sistem pelumas dan kinerja mesin kendaraan secara keseluruhan untuk jangka waktu yang panjang. Kata Kunci: Karakteristik pelumas, SAE oli, keasaman oli.
Actions (login required)
View Item |