POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PASANGAN MENIKAH BEDA AGAMA

DONIDA, ARMAN (2020) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PASANGAN MENIKAH BEDA AGAMA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HALAMAN COVER)
1. Cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan Mahasiswa.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
7. Skripsi BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (BAB 2)
8. Skripsi BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (BAB 3)
9. Skripsi BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (BAB 4)
10. Skripsi BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB 5)
11. Skripsi BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Pernikahan beda agama merupakan hal yang masih tabu untuk dilakukan di Indonesia. Selain karena bertentangan dengan hukum agama yang berlaku, fenomena ini juga bertentangan dengan norma dan peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia. Pelakunya sendiri sering menemui hambatan dalam hal komunikasi dengan pasangan. Oleh karena itu, perlu adanya pola komunikasi khusus yang diterapkan agar pasangan yang menikah beda agama dapat menjalani hidup dengan rukun dan harmonis. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hambatanhambatan yang ditemui ketika pasangan memutuskan untuk melakukan pernikahan beda agama; (2) Untuk mengetahui pola komunikasi yang dilakukan oleh pasangan yang menikah beda agama. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desai penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam. Observasi bersifat pasif yang berarti peneliti tidak mengambil bagian langsung dalam situasi kehidupan subjek penelitian tetapi hanya sebagai bagian luar dari pengamatan objek penelitian, sedangkan wawancara mendalam dilakukan kepada informan yang relevan trhadap kasus yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang diterapkan pasangan beda agama adalah dengan sikap saling terbuka, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan. Kelima komponen ini adalah kunci utama dalam kualitas komunikasi interpersonal yang efektif. Selain itu, masing-masing pasangan juga menerapkan sikap saling menghargai, menghormati dan toleransi satu sama lain. Dengan hasil temuan ini maka dapat disimpulkan bahwa pasangan yang menikah beda agama pun dapat menjalani hidup dengan rukun dan harmonis.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 19 392
Call Number: SK/42/19/082
NIM/NIDN Creators: 44213120076
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.61 Interfacing and Communications for Specific Types of Electronic Computers/Antarmuka dan Komunikasi untuk Jenis Komputer Elektronik Tertentu
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.62 Interfacing and Communications Protocols (Standards)/Tampilan Antarmuka dan Protokol Komunikasi (Standar)
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.65 Computer Communications Networks/Jaringan Komunikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 22 Mar 2022 02:35
Last Modified: 21 Mar 2023 07:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58504

Actions (login required)

View Item View Item