EPRIYANTO, DOVI TRIASA (2017) DESAIN KONSTRUKSI PERKERASAN JALAN DI TAMBANG BATU BARA KALIMANTAN TENGAH PT. DAYA BUMINDO KARUNIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
1. Cover Hal Depan.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3a. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
||
|
Text (BAB II)
3b. BAB II.pdf Download (449kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
3c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (851kB) |
||
Text (BAB IV)
3d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
3e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
4. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (30MB) |
Abstract
Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukan bagi lalu lintas. Ruas jalan Balau (Pit) – Muara Lahung merupakan jalan khusus untuk mengangkut hasil tambang batu bara dari (Pit) di Balau melalui transportasi darat ke Muara Lahung, yang selanjutnya akan diangkut melalui transportasi sungai dari Pelabuhan Muara Lahung menuju Pelabuhan Klanis sebelum diekspor ke negara tujuan. Kondisi Jalan khusus yang dilalui masih berkondisi tanah belum ada perkerasan jalan. Sebagai alternatif perbaikan maka direncanakan adanya pembangunan jalan akses di tambang batu bara Muara Laung – Balau, Kalimantan Tengah oleh PT. Daya Bumindo Karunia menggunakan perkerasan jalan lentur (Flexible Pavement). Total panjang jalan di kawasan tambang adalah dari Sta. 0+000 sampai Sta. 165+000, atau sepanjang 165 Km. Analisa yang di dapat adalah lebar jalan lurus 10.5 meter belum termasuk bahu jalan 2 meter di kedua sisi jalan, dengan lebar disetiap tikungan 11.5 meter. Untuk tebal lapisan pondasi bawah (Sub Course) 25 cm, tebal lapisan pondasi 15 cm, dan tebal lapisan permukaan (Aspal) 5 cm. Jumlah Sumbu Kendaraan Niaga tahun 2016 (JSKN) adalah sebesar 1,676 dan beban sumbu maksimum 5 ton untuk sumbu tunggal roda ganda, 10 ton untuk sumbu engkel roda ganda, 50 ton untuk sumbu trinton roda ganda. Data curah hujan untuk desain Hidrologi dari tahun 2000 sampai tahun 2016 atau selama 17 tahun terakhir, memperoleh rata�rata maksimum hujan bulanan sebesar 331.93 mm. Perencanaan drainase saluran menggunakan penampang saluran segi empat, di kedua sisi bahu jalan. Dengan lebar saluran 0.50 meter, kedalaman air 1 meter, dan tinggi jagaan 0.71 meter. Di hasilkan kapasitas saluran 2.09 m³/det dan kecepatan aliran saluran drainase adalah sebesar 4.188 m/det. Dan total Biaya perkiraan pekerjaan adalah Rp. 356,229,639,230 (Tiga Ratus Lima Puluh Enam Miliar Dua Ratus Dua Puluh Sembilan Juta Enam Ratus Tiga Puluh Sembilan Ribu Dua Ratus Tiga Puluh Rupiah) sudah termasuk PPN 10% Kata kunci : Perkerasan Jalan Lentur (Flexible Pavement), Desain Konstruksi, Spesifikasi pekerjaan jalan lentr, Rencana Anggaran Biaya
Actions (login required)
View Item |