ANALISIS KERUSAKAN PADA BUSI MOTOR TORAK DENGAN METODE GETARAN

WIDODO, DWI (2020) ANALISIS KERUSAKAN PADA BUSI MOTOR TORAK DENGAN METODE GETARAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1.COVER.pdf

Download (852kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB)

Abstract

Gasoline engine fuel engine is an ignition system that is used using the spark-ignition principle (combustion triggered by sparks on a spark plug). The source of vibration in the engine occurs when the pressure on combustion in the combustion chamber, shock (shock) combustion pressure is the main source of excitation which causes mechanical vibrations of the structure in an engine. The higher the level of pressure change, the greater the effect on the engine structure. Relating to spark plugs and vibrations in light vehicle engines, the research conducted was to determine the failure of the ignition and vibration systems on the Toyota Avanza 1300 CC engine using a vibration test device, entitled "Analysis of Damage to Torak Motor Spark Plugs with the Vibration Method". The purpose of this study was to analyze the effect of spark plugs in the combustion chamber with the vibration method of using spark plugs. In this study, the method used was experimental which was then analyzed. The test material of this study is to use a performance test instrument with the Avanza 1300 CC car engine. The results of this study indicate that at 900 RPM idle engine speed, the vibration characteristics using normal spark plugs look greater than the vibration characteristics using misfiring spark plugs. Based on the analysis of the tests carried out, it can be concluded that the vibration caused by the misfiring spark plugs greatly disturbs the comfort of driving while driving, because too small an ignition can result in a weak engine in the combustion chamber. KEYWORDS : Use of Normal Spark Plugs, Use of Misfiring Spark Plugs, Understanding of Vibration, Characteristics of Vibration Motor bakar mesin bensin meupakan sistem pengapian yang digunakan memakai prinsip spark-ignition (pembakaran yang dipicu oleh percikan bunga api pada busi). Sumber getaran pada mesin terjadi tekanan pada pembakaran dalam ruang bakar, shock (kejutan) tekanan pembakaran adalah sumber eksitasi utama yang menyebabkan getaran mekanis struktur dalam sebuah mesin. Semakin tinggi tingkat perubahan tekanan, semakin besar pengaruhnya pada mesin struktur.Berkaitan dengan busi dan getaran pada mesin kendaraan ringan, penelitian yang dilakukan adalah mengetahui kegagalan sistem pengapian dan getaran pada mesin toyota Avanza 1300 CC dengan menggunakan alat uji getaran, dengan judul “Analisis Kerusakan Pada Busi Motor Torak Dengan Metode Getaran ”. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh busi pada ruang bakar dengan metode getaran pada penggunaan busi. Dalam penelitian ini, metode yang dipakai adalah eksperimen yang selanjutnya dianalisis. Adapun bahan pengujian dari penelitian ini adalah menggunakan alat uji prestasi dengan mesin mobil Avanza 1300 CC. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada putaran mesin idle 900 RPM, karakteristik getaran dengan menggunakan busi normal terlihat lebih besar di bandingkan dengan karkateristik getaran dengan menggunakan busi misfiring. Berdasarkan Analisis pengujian yang dilakukan, di dapat kesimpulan bahwa getaran yang di timbulkan busi misfiring sangat mengganggu kenyamanan ssat berkendara, karena pengapian yang terlalu kecil dapat mengakibatkan penganpian dalam ruang bakar pada mesin lemah. Kata Kunci : Penggunaan Busi Normal, Penggunaan Busi Misfiring, Pengertian Getaran, Karakteristik Getaran.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 20 177
NIM/NIDN Creators: 41315110007
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Busi Normal, Penggunaan Busi Misfiring, Pengertian Getaran, Karakteristik Getaran.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis > 152.3 Movement and Motor Functions/Fungsi Gerak dan Motorik > 152.38 Special Motor Functions/Fungsi Motor Khusus
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olah Raga Luar Ruangan > 796.7 Driving Motor Vehicles/Bermotor
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 21 Feb 2022 16:10
Last Modified: 17 Jun 2023 01:33
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56504

Actions (login required)

View Item View Item