SIMAMORA, FEBRIANA PUDAN (2019) STRATEGI KOMUNIKASI TIM MEDIA INSTAGRAM @SEMUATENTANGBATAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI MASYARAKAT KOTA BATAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
01. Halaman Judul.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. Lembar Pernyataan.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04. Lembar Pengesahan.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05. Kata Pengantar.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06. Daftar Isi.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07. Daftar Tabe.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
08. Daftar Gambar.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10. Daftar Lampiran.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
||
Text (BAB II)
12. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (737kB) |
||
Text (BAB III)
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
||
Text (BAB IV)
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Instagram merupakan media sosial yang menjadi salah satu media yang digunakan oleh lembaga/perusahaan/komunitas dan sebagainya. Komunitas Semua Tentang Batam (STB) menggunakan instagram sebagai media informasi masyarakat kota Batam. Penelitian ini menjawab fokus penelitian terkait bagaimana strategi komunikasi tim media instagram @semuatentangbatam sebagai media informasi masyarakat kota Batam. Teori model perencanaan komunikasi lima langkah menjelaskan tahapan strategi komunikasi yang peneliti nilai tepat untuk digunakan oleh tim dari Semua Tentang Batam. Model perencanaan komunikasi lima langkah terdiri dari penelitian, perencanaan, pelaksanaan, pengukuran/evaluasi, dan pelaporan. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif dengan teknik keabsahan data triangulasi sumber. Berdasarkan hasil dari penelitian, strategi komunikasi yang digunakan STB pada tahap penelitian, yaitu informasi diperoleh dari tim STB, masyarakat, dan instansi. Melakukan cross check kepada lembaga terkait atau meminta bukti video. Tahap perencanaan, komunikator publikasi dilakukan divisi yang luang tetapi dengan tanggung jawab divisi masing-masing. Pesan berisi informasi terkait kota Batam kecuali informasi politik. Tulisan dalam Bahasa Indonesia serta memiliki tulisan yang diciptakan oleh tim STB. Tahap pelaksanaan, media utama adalah Instagram. Media tambahan yaitu Facebook, Twitter, Line, Youtube. Tahap evaluasi, evaluasi berhasil karena memberikan dampak dan mengubah perilaku masyarakat. Evaluasi tidak berhasil terlihat dari beberapa postingan yang kurang dipahami pengikut terkait caption dan gambar, serta postingan di instastory “butuh tatih tayang” dinilai kurang informatif. Tahap pelaporan, jika berhasil melakukan pengembangan metode, jika tidak berhasil maka mencari metode-metode berpotensi berhasil. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Instagram, Semua Tentang Batam
Actions (login required)
View Item |