STRATEGI KOMUNIKASI TIM MEDIA INSTAGRAM @SEMUATENTANGBATAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI MASYARAKAT KOTA BATAM

SIMAMORA, FEBRIANA PUDAN (2019) STRATEGI KOMUNIKASI TIM MEDIA INSTAGRAM @SEMUATENTANGBATAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI MASYARAKAT KOTA BATAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL JUDUL)
01. Halaman Judul.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. Lembar Pernyataan.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04. Lembar Pengesahan.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05. Kata Pengantar.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06. Daftar Isi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07. Daftar Tabe.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
08. Daftar Gambar.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text (BAB II)
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text (BAB III)
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text (BAB IV)
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Instagram merupakan media sosial yang menjadi salah satu media yang digunakan oleh lembaga/perusahaan/komunitas dan sebagainya. Komunitas Semua Tentang Batam (STB) menggunakan instagram sebagai media informasi masyarakat kota Batam. Penelitian ini menjawab fokus penelitian terkait bagaimana strategi komunikasi tim media instagram @semuatentangbatam sebagai media informasi masyarakat kota Batam. Teori model perencanaan komunikasi lima langkah menjelaskan tahapan strategi komunikasi yang peneliti nilai tepat untuk digunakan oleh tim dari Semua Tentang Batam. Model perencanaan komunikasi lima langkah terdiri dari penelitian, perencanaan, pelaksanaan, pengukuran/evaluasi, dan pelaporan. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif dengan teknik keabsahan data triangulasi sumber. Berdasarkan hasil dari penelitian, strategi komunikasi yang digunakan STB pada tahap penelitian, yaitu informasi diperoleh dari tim STB, masyarakat, dan instansi. Melakukan cross check kepada lembaga terkait atau meminta bukti video. Tahap perencanaan, komunikator publikasi dilakukan divisi yang luang tetapi dengan tanggung jawab divisi masing-masing. Pesan berisi informasi terkait kota Batam kecuali informasi politik. Tulisan dalam Bahasa Indonesia serta memiliki tulisan yang diciptakan oleh tim STB. Tahap pelaksanaan, media utama adalah Instagram. Media tambahan yaitu Facebook, Twitter, Line, Youtube. Tahap evaluasi, evaluasi berhasil karena memberikan dampak dan mengubah perilaku masyarakat. Evaluasi tidak berhasil terlihat dari beberapa postingan yang kurang dipahami pengikut terkait caption dan gambar, serta postingan di instastory “butuh tatih tayang” dinilai kurang informatif. Tahap pelaporan, jika berhasil melakukan pengembangan metode, jika tidak berhasil maka mencari metode-metode berpotensi berhasil. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Instagram, Semua Tentang Batam

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 19 169
Call Number: SK/42/19/057
NIM/NIDN Creators: 44215010134
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Instagram, Semua Tentang Batam
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 380.1-380.9 Standard Subdivisions of Commerce, Communications, Transportation/Subdivisi Standar Dari Perdagangan, Komunikasi, Transportasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 09 Feb 2022 04:27
Last Modified: 23 Feb 2023 02:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55663

Actions (login required)

View Item View Item