ANALISA PERFORMANCE ELECTRIC SUBMERSIBLE PUMP SYSTEM DENGAN MENGGUNAKAN GAS SEPARATOR PADA PRODUKSI CRUDE OIL

PRASETYA, ANGGA (2018) ANALISA PERFORMANCE ELECTRIC SUBMERSIBLE PUMP SYSTEM DENGAN MENGGUNAKAN GAS SEPARATOR PADA PRODUKSI CRUDE OIL. D3 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
1. HAL COVER.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
8. Hal Daftar Pustaka & Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)

Abstract

ABSTRAK Produksi minyak mentah dalam negeri pada 2016 hanya berkisar di angka 800 ribu barrel per hari. Sementara itu, kebutuhan migas di Indonesia sangatlah tinggi, dengan produksi yang kian menurun sangatlah penting dalam melakukan optimalisasi produksi migas. Optimalisasi dapat dilakukan dengan pertimbangan pada kegiatan hulu (eksploitasi). Eksploitasi dilakukan untuk mencari sumber minyak pada umumnya menggunakan alat pengeboran. Setelah proses pengeboran maka nantinya ada proses produksi dengan memanfaatkan pompa untuk produksi secara terus-menerus. Pemilihan alat produksi sangatlah penting dimana karakter suatu sumur pengeboran berbeda karakter satu dengan lainnya. Metode dalam produksi minyak bumi yaitu dengan artificial lift, artificial lift merupakan sebuah mekanisme untuk mengangkat fluida dari dalam sumur keatas permukaan. Artificial lift memiliki mekanisme pengangkatan yang beragam diantaranya yaitu sucker rod pumping, gas lifting, dan electric submersible pumping (ESP). Produksi yang dirasa paling optimal saat ini yaitu dengan menggunakan electric submersible pump (ESP). Pemilihan ESP sebagai salah satu teknik pengangkatan buatan tentu saja berdasarkan pertimbangan teknis. ESP adalah metode angkat dengan memanfaatkan pompa sentrifugal bertingkat dengan motor listrik. Fungsi pompa adalah menambahkan tekanan angkat pada fluida untuk dapat mengalir ke permukaan dari lubang sumur.

Item Type: Thesis (D3)
Call Number CD: FT/MSN 18 033
NIM/NIDN Creators: 41316310016
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 28 Jan 2022 06:37
Last Modified: 28 Jan 2022 06:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/54856

Actions (login required)

View Item View Item