ANALISIS KETINGGIAN SPOILER TERHADAP AERODINAMIKA MOBIL MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD)

RIZKILLAH, RIZKILLAH (2021) ANALISIS KETINGGIAN SPOILER TERHADAP AERODINAMIKA MOBIL MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (BAB II)
03. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)
[img] Text (BAB III)
04. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[img] Text (BAB IV)
05. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)

Abstract

Vehicles such as cars require stability in driving. Spoiler is one of the additional devices to increase downforce so as to make the car can drive stably. One of the parameters to determine the stability of a vehicle can be seen from the lift coefficient value (cl) which shows a negative value. This study aims to determine the height of the spoiler to maintain the stability of the car in terms of the value of lift force and lift coefficient using the CFD (Computational Fluids Dynamics) simulation method with a sedan type car model and variations in height 0 cm, 5 cm, 10 cm, 15 cm., 20 cm, 25 cm, and 30 cm which were carried out in three stages. The pre-processing stage by inputting seven variations of the height of the car body geometry and making a wind tunnel enclosure with an inlet speed parameter of 100 km/hour, solving with a convergence target of 250 iterations, then the processing stage waiting until all the experimental results reach convergence, the post-processing stage displays simulation results of the entire experiment. From the simulation results and using simple linear regression analysis, the coefficient of determination for drag is 71.20%, coefficient of determination for lift is 2.40%, coefficient of determination for drag coefficient is 71.19%, coefficient of determination for lift coefficient is 2 ,43%, and the coefficient of determination for the ratio cl/cd is 3.67%. Based on the results of the coefficient of determination, the effect of variations in the height of the spoiler with the stability of the car is very small. Keywords: car, spoiler, coefficient drag, coefficient lift, CFD Kendaraan seperti mobil memerlukan kestabilan dalam berkendara. Spoiler adalah salah satu perangkat tambahan untuk menambah downforce sehingga membuat mobil dapat melaju dengan stabil. Salah satu parameter untuk menentukan kestabilan pada suatu kendaraan dapat dilihat dari nilai koefesien angkat (cl) yang menunujukkan nilai negative. .Penelitian ini bertujuan untuk menentukan ketinggian spoiler untuk menjaga kestabilan mobil yang ditinjau dari nilai lift force dan koefesien angkat dengan menggunakan metode simulasi CFD (Computational Fulid Dynamics) dengan model mobil tipe sedan dan variasi ketinggian 0 cm, 5 cm, 10 cm, 15 cm, 20 cm, 25 cm, dan 30 cm yang dilakukan dengan tiga tahap. Tahap pre-processing dengan menginput tujuh variasi ketinggian geometri bodi mobil dan membuat enclosure wind tunnel dengan parameter kecepatan inlet 100 km/jam, solving dengan iterasi target convergence 250 iterasi, lalu tahap processing menunggu hingga semua hasil percobaan mencapai konvergen, tahap post-processing menampilkan hasil simulasi dari keseluruhan percobaan. Dari hasil simulasi dan menggunakan analisis regresi linier sederhana didapatkan hasil koefesien determinasi untuk gaya hambat sebesar 71,20%, koefesien determinasi untuk gaya angkat sebesar 2,40%, koefesien determinasi untuk koefesien hambat sebesar 71,19%, koefesien determinasi untuk koefesien angkat 2,43%, dan koefesien determinasi untuk rasio cl/cd sebesar 3,67%. Berdasarkan hasil koefesien determinasi tersebut maka pengaruh variasi ketinggian spoiler dengan stabilitas mobil sangat kecil. Kata Kunci : mobil,, spoiler, coeffecient drag, coefficient lift, CFD

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41316110062
Uncontrolled Keywords: mobil,, spoiler, coeffecient drag, coefficient lift, CFD
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 653 Shorthand/Penulisan Cepat, Penulisan dengan Tangan > 653.3 Machine Systems/Sistem Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:49
Last Modified: 03 Jan 2022 04:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/53414

Actions (login required)

View Item View Item