ANALISIS PENGARUH WINGLET TIPE SHARKLET TERHADAP GAYA AERODINAMIKA DAN ALIRAN VORTEX PADA SAYAP PESAWAT AIRBUS A320 MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD)

PRABOWO, PUJI ADI (2021) ANALISIS PENGARUH WINGLET TIPE SHARKLET TERHADAP GAYA AERODINAMIKA DAN ALIRAN VORTEX PADA SAYAP PESAWAT AIRBUS A320 MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)

Abstract

Aerodynamics in aircraft is something that must be considere in designing an airplane in general, one of which is designing the aircraft wings. Winglet is a special shape design on the wing tip to reduce air rotation (vortex) at the wing tip. The bigger the vortex the greater the drag force, of course this is very detrimental to the performance of the aircraft where the aircraft requires high lift and lowest drag. To overcome this problem, aircraft wing designers began designing winglets. Each type of winglet has an influence on the value of the lift coefficient (CL) and the drag coefficient (CD). Analysis is needed beforehand to determine the type of winglet that is suitable for upgrading the aircraft. In this study, the winglets to be analyze are the winglets installed on the Airbus A320, namely the sharklet type winglet. The Sharklet is the standard winglet used on all new Airbus A320 models. This study will analyze the wing design of the Airbus A320 aircraft with the Computational Fluid Dynamic (CFD) method on the variation of the angle of attack of the wing using the sharklet type winglet and wingless wing. This analysis is carry out to analyze the aerodynamic force that is generated, namely, the lift coefficient, the drag coefficient and the vortex flow in a 3D model of a wing of an Airbus A320 aircraft with takeoff speed conditions using ANSYS software. From the results of the analysis of the efficiency of a wing based on the value of lift / drag ratio, the wing with the sharklet type winglet is better than the wing without winglet. Keywords: Airbus A320, winglet, sharklet, vortex, Computational Fluid Dynamic (CFD) Aerodinamika pada pesawat merupakan hal yang wajib diperhatikan dalam mendesain pesawat terbang pada umumnya, salah satunya adalah mendesain sayap pesawat. Winglet merupakan desain bentuk khusus pada ujung sayap untuk mengurangi pengaruh putaran udara (vortex) di ujung sayap. Semakin besar vortex semakin besar pula gaya hambatnya, tentunya hal ini sangat merugikan kinerja pesawat dimana pesawat memerlukan gaya angkat setinggi-tinggnya dan gaya hambat serendah-rendahnya. Untuk mengatasi masalah tersebut para perancang sayap pesawat mulai mendesain winglet. Setiap tipe winglet memiliki pengaruh tersendiri terhadap nilai koefisien lift (CL) dan koefisien drag (CD). Diperlukan analisis desain terlebih dahulu untuk mengetahui tipe winglet yang sesuai untuk peningkatan pada pesawat. Dalam penelitian ini, winglet yang akan dianalisis adalah winglet yang terpasang pada pesawat Airbus A320 yaitu, winglet tipe sharklet. Sharklet merupakan standar winglet yang digunakan pada semua model baru pesawat Airbus A320. Penelitian ini akan menganalisis desain sayap pesawat Airbus A320 dengan metode Computational Fluid Dynamic (CFD) terhadap variasi sudut serang dari sayap yang menggunakan winglet tipe sharklet dan sayap tanpa winglet. Analisis ini dilakukan untuk menganalisis gaya aerodinamika yang di timbulkan yaitu, perbedaan koefisien lift, koefisien drag dan aliran vortex pada model 3D satu sisi sayap pesawat Airbus A320 dengan kondisi kecepatan lepas landas yang sama menggunakan software ANSYS. Dari hasil analisis efisiensi suatu sayap berdasarkan nilai lift/drag ratio didapatkan sayap dengan winglet tipe sharklet lebih baik dari pada sayap tanpa winglet. Kata kunci: Airbus A320, winglet, sharklet, vortex, Computational fluid dynamic (CFD)

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41318120060
Uncontrolled Keywords: Airbus A320, winglet, sharklet, vortex, Computational fluid dynamic (CFD)
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 653 Shorthand/Penulisan Cepat, Penulisan dengan Tangan > 653.3 Machine Systems/Sistem Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 29 Dec 2021 06:58
Last Modified: 29 Dec 2021 06:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/53141

Actions (login required)

View Item View Item