ANALISIS PENGARUH PUTARAN MOTOR-TORAK PADA ALIRAN INTAKE MANIFOLD DENGAN SIMULASI ANSYS FLUENT

BUDIKUSUMA, RICHO (2021) ANALISIS PENGARUH PUTARAN MOTOR-TORAK PADA ALIRAN INTAKE MANIFOLD DENGAN SIMULASI ANSYS FLUENT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
02 BAB I.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)

Abstract

The behavior of hydrothermal gases greatly affects engine performance. Flow behavior that can be carried out through the installation of flow and the influence of the lift valve on the fluid flow in it, so that there is no loss in engine performance and an efficient air-fuel mixture in order to obtain optimal results and lower exhaust emissions. The purpose of this study is to perform an analysis to predict the speed and velocity of air flow through the intake manifold on the ignition engine of four cylinders so that it can be new, which is then to test the flow vibrations of the air inlet valve. The flow in the intake manifold is simulated using Ansys Fluent with rotation variations of 900 rpm, 1500 rpm and 2000 rpm. The results show that due to the effect of rotation there is an increase in temperature on the fluid flow velocity, friction on the valve wall with the velocity of the fluid velocity and the outer wall of the valve. The suction step in the motor work system - piston, flow speed due to changes in motor rotation - piston, the greater the rotation of the motor - piston that is given will cause the distribution of air flow in the combustion room to be more even and less turbulent in the combustion chamber. The lower the rotation results in a lot of turbulence generated and causes less evenness of air in the combustion chamber. This will cause too much oxygen, so that the mixture is lean and the result of combustion produces an oxidation flame so that it will produce high CO emissions compared to high rotation. at 1500 rpm. The turbulent diameter on the valve on the upper left is shown to be smaller than at 900 rpm. This shows that the air is well distributed compared to 900 rpm. At 2000 rpm it is shown that the amount of turbulence is decreasing compared to the lower rotation. The air in the combustion chamber is more evenly distributed than at lower rotation. This shows that more air is obtained and generates a combustion system for air so that the resulting exhaust emissions are smaller. As a result of the greater rotation speed, the air velocity that hits the top of the right side valve will increase. The results obtained from the simulation code can be used as novelty to increase understanding of the hydrothermal behavior of fluids in the manifold and can be used to improve the design of the manifold. Keywords: Intake Manifold, Ansys Fluent, Flow Analysis, Engine Performance Perilaku gas hidrotermal sangat mempengaruhi performa mesin. Perilaku aliran dapat dimodifikasi melalui pemasangan pembatasan aliran dan pengaruh valve lift terhadap aliran fluida di dalamnya, sehingga tidak terjadi kerugian pada kinerja mesin dan campuran udara-bahan bakar yang efisien agar mendapatkan hasil yang optimal dan emisi gas buang yang lebih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis untuk memprediksi karakteristik dan kecepatan aliran udara melalui intake manifold pada mesin pengapian busi empat silinder agar dapat menjadi pedoman yang selanjutnya untuk menguji getaran aliran pada valve aliran masuk udaranya. Aliran pada intake manifold disimulasikan menggunakan Ansys Fluent dengan variasi putaran sebesar 900 rpm, 1500 rpm dan 2000 rpm. Hasil menunjukkan akibat pengaruh putaran terdapat kenaikkan temperatur pada kecepatan aliran fluida, gesekan pada dinding valve dengan kecepatan kecepatan fluida dan dinding luar valve. Langkah isap pada sistem kerja motor–torak memperlihatkan kecepatan aliran akibat perubahan putaran motor–torak, semakin besar putaran motor–torak yang diberikan akan menyebabkan distribusi aliran udara diruang bakar semakin merata dan berkurangnya turbulen pada ruang bakar. Semakin rendah putaran mengakibatkan banyak turbulen yang dihasilkan dan menyebabkan kurang meratanya udara pada ruang bakar. Hal ini akan menyebabkan oksigen terlalu banyak, sehingga campuran kurus dan hasil pembakarannya menghasilkan api oksidasi sehingga akan menghasilkan emisi CO yang tinggi dibandingkan dengan putaran tinggi. pada putaran 1500 rpm. Diameter turbulen pada bagian valve sebelah kiri atas diperlihatkan semakin mengecil dibandingkan pada putaran 900 rpm. Hal ini menunjukkan bahwa udara sudah terdistribusi dengan baik dibandingan dengan 900 rpm. Pada putaran 2000 rpm diperlihatkan bahwa jumlah turbulen yang dihasilkan semakin berkurang dibandingkan dengan putaran yang lebih rendah. Udara pada ruang bakar semakin merata dibandingkan dengan kecepatan putaran yang lebih rendah. Hal ini menunjukkan udara yang diperoleh lebih banyak dan menghasilkan pembakaran kaya akan udara sehingga emisi gas buang yang dihasilkan lebih kecil. Akibat kecepatan putaran semakin besar akan mengakibatkan kecepatan udara yang menumbuk pada bagian atas valve sebelah kanan akan meningkat. Hasil yang diperoleh dari kode simulasi dapat digunakan sebagai pedoman untuk meningkatkan pemahaman tentang perilaku hidrotermal fluida di dalam manifold dan dapat digunakan untuk memperbaiki desain manifold. Kata kunci: Intake Manifold, Ansys Fluent, Analisis Aliran, Kinerja Mesin

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41316110084
Uncontrolled Keywords: Intake Manifold, Ansys Fluent, Analisis Aliran, Kinerja Mesin
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 653 Shorthand/Penulisan Cepat, Penulisan dengan Tangan > 653.3 Machine Systems/Sistem Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 29 Dec 2021 04:38
Last Modified: 29 Dec 2021 04:38
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/53130

Actions (login required)

View Item View Item