PAMUNGKAS, ATI WENING PUTRI (2019) PENGARUH PERENCANAAN PAJAK TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TRANSPARANSI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HALAMAN COVER)
1 COVER.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4 ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2 SURAT PERNYATAAN.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6 DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7 DAFTAR TABEL.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (79kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
10 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text (BAB 2)
11 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
||
Text (BAB 3)
12 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
||
Text (BAB 4)
13 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
||
Text (BAB 5)
14 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
Abstract
One of to preserve firm value is tax planning. This is how to tax payer can pay their taxes efficiently and effectively and maintain company’s image. Corporate transparency indicated by how much information disclosed by management to company owners is expected to reduce opportunities for management when conducting tax planning. So that it can reduce the partiality of information which can reduce conflicts of interest and support the increase in the value of the company. This study was conducted to obtain empirical evidence of the effect of tax planning on firm value with company transparency as a moderating variable. This study is located in the consumer goods manufacturing sector listed at the Indonesia Stock Exchange in 2013-2017. The method of determining the sample used was purposive sampling, namely the selection of samples with certain criteria, so that the sample data of this study was 125. The method of data analysis in this study was descriptive analysis, classic assumption test, multiple regression analysis, capital feasibility test with hypothesis testing. The result study is tax planning that influence the firm value. Corporate transparency as a moderating variable strengthens the influence of tax planning on firm value. Keywords: Tax Planning, Firm Value, Corporate Transparency Salah satu cara menjaga nilai perusahaan adalah dengan melakukan perencanaan pajak. Hal ini diterapkan supaya wajib pajak bisa membayar pajaknya secara efisien serta efektif dan dapat menjaga citra perusahaan. Transparansi perusahaan yang ditunjukkan oleh seberapa banyak informasi yang diungkapkan oleh manajemen kepada pemilik perusahaan diharapkan mampu mengurangi peluang oportunistik manajemen ketika melakukan perencanaan pajak. Sehingga dapat mengurangi keberpihakan informasi yang mana hal tersebut dapat mengurangi konflik kepentingan serta mendukung peningkatan nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan guna mendapatkan bukti empiris dari pengaruh perencanaan pajak terhadap nilai perusahaan dengan transparansi perusahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini berlokasi pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu pemilihan sampel dengan kriteria tertentu, sehingga di dapat data sampel penelitian ini sebanyak 125. Metode analisis data penelitian ini yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji kelayakan modal dengan uji hipotesis. Hasil yang didapat yakni variabel perencanaan pajak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Transparansi perusahaan sebagai variabel moderasi memperkuat pengaruh perencanaan pajak terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Perencanaan pajak, Nilai perusahaan, Transparansi perusahaan
Actions (login required)
View Item |