DANIAL HAQ, ZAKKY (2020) INVESTIGASI KERUSAKAN DISC BRAKE MENGGUNAKAN METODE GETARAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. Cover NEW.pdf Download (549kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 Bab 1 NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
||
Text (BAB II)
03 Bab 2 NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) |
||
Text (BAB III)
04 Bab 3 NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
||
Text (BAB IV)
05 Bab 4 NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
06 Bab 5 NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
A vehicle safety system is needed in order to provide security and comfort for the driver and passengers. One of the safety systems is the braking system. The braking system serves as a safety tool that is useful to slow down the speed of the vehicle or allow the vehicle to park on a sloping place. The main component in the braking system is the disc brake. On this basis, this research was conducted by analyzing using vibrations that occur in the disc brake using the vibration method. The method used in this study is by testing the dynamic characteristics of the disc brake with the input signal from the handphone, then by testing the effect of speed on the braking force on the disc brake. The variations in speed and braking force given are 450 Rpm, 600 Rpm, and 750 Rpm, while the braking force given is a force of 20 Newton, 40 Newton, and 60 Newton, and the last is to simulate the impact of the disc brake that is given excitation from the cellphone. The result of the measurement of the disc brake is damaged by the excitation of the cellphone ie the global mode that appears is 4 Hz, 7 Hz, 10 Hz, 11 Hz, 13 Hz, 14 Hz, 15 Hz, 18 Hz, 20 Hz, 21 Hz, 22 Hz and 23 Hz whereas, global mode with personal frequency only appears at one point, namely 24 Hz at point A while 12 Hz and 16 Hz at point C. Disc brakes are damaged with new brake pads having large vibrations thereby reducing the comfort of the driver when braking . Frequencies that have a high amplitude value are around 320 Hz in broken canvases and 950 -960 Hz in new brake linings. The shape mode of the simulation results shows that the place with the greatest deformation is at points C3 and C4 while the smallest deformation is at point A8 Keywords: Braking System, Disc Brake, Speed, Braking Force, Vibration. Pada kendaraan diperlukan sebuah sistem keselamatan agar dapat memberi rasa aman dan nyaman bagi pengemudi dan penumpang. Salah satu sistem keselamatan itu adalah sistem pengereman. Sistem pengereman berfungsi sebagai alat keselamatan yang berguna untuk memperlamabat laju kendaraan atau memungkinkan kendaraan untuk parkir pada tempat yang landai. Komponen utama dalam sistem pengereman adalah disc brake, atas dasar tersebut dilakukan penelitian ini dengan menganalisi menggunakan getaran yang terjadi pada disc brake dengan menggunakan metode getaran. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara melakukan pengujian karakteritik dinamik pada disc brake dengan sinyal input dari handphone, selanjutnya dengan melakukan pengujian pengaruh kecepatan terhadap gaya pengereman pada disc brake. Adapun variasi kecepatan dan gaya pengereman yang diberikan adalah 450 Rpm, 600 Rpm, dan 750 Rpm, sedangkan gaya pengereman yang diberikan berupa gaya sebesar 20 Newton, 40 Newton, dan 60 Newton dan yang terakhir adalah melakukan simulasi dampak dari disc brake yang diberi eksitasi dari handphone. Hasil pengukuran disc brake rusak dengan eksitasi dari handphone yaitu modus global yang muncul yaitu 4 Hz, 7 Hz, 10 Hz, 11 Hz, 13 Hz, 14 Hz, 15 Hz, 18 Hz, 20 Hz, 21 Hz, 22 Hz dan 23 Hz sedangkan, modus global dengan frekuensi pribadi hanya muncul di satu titik, yaitu 24 Hz dititik A sedangkan 12 Hz dan 16 Hz di titik C. Disc brake rusak dengan kampas rem baru memiliki getaran yang besar sehingga mengurangi kenyamana pengendara ketika melakukan proses pengereman. Frekuensi yang memiliki nilai amplitude tinggi berada di sekitar 320 Hz pada kampas rusak dan 950 -960 Hz pada kampas rem baru. Mode shape dari hasil simulasi menunjukan bahwa tempat yang memiliki deformasi terbesar berada pada titik C3 dan C4 sedangkan deformasi terkecil terletak pada titik A8 Kata kunci: Sistem Pengereman, Disc Brake, Kecepatan, Gaya Pengereman, Getaran.
Actions (login required)
View Item |