ANALISA DAN PERANCANGAN EMPLOYEE SELF SERVICE (ESS) BERBASIS ANDROID ( Studi Kasus : Pt. Land )

RIYAHADI, SABDO (2020) ANALISA DAN PERANCANGAN EMPLOYEE SELF SERVICE (ESS) BERBASIS ANDROID ( Studi Kasus : Pt. Land ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
TA Sabdo Riyahadi 41815120109 (Artikel Ilmiah).pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB)

Abstract

APT. LAND is one of the largest property companies in Indonesia. To run its business activities, PT. LAND is supported by a large number of human resources (HR) spread throughout the business units. The large and scattered number of human resources requires good and systematic management to accommodate everything that is the right of every employee, such as salary and leave. Providing information about the employee's rights often creates new problems because there is no system that allows employees to be able to access the information quickly. So we need an application system that is able to meet the needs of these employees quickly and realtime. The purpose of this study is to analyze and design a system that can help employees to update personal data, apply for leave, permission and sickness, view leave balance, download absentee report and payroll report every month. The method used in this study is the waterfall method, where there are 4 stages in system development namely analysis, design, coding and testing. The conclusion of this research is that the design of the ESS system is made able to facilitate employees to access information and personal rights in the company so that it will indirectly increase the effectiveness and quality of work. Key words: Information system, Waterfall, Emplyee Self Services PT. LAND merupakan salah satu perusahaan property terbesar yang ada di Indonesia.Untuk menjalankan kegiatan usahanya, PT. LAND didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang begitu banyak yang tersebar diseluruh unit usaha.Jumlah SDM yang banyak dan tersebar tersebut membutuhkan pengelolaan yang baik dan sistematis untuk mengakomodir segala hal yang merupakan hak dari setiap karyawan, seperti gaji dan cuti.Penyediaan informasi mengenai hak karyawan tersebut seringkali menimbulkan masalah baru karena belum adanya sistem yang memungkinkan karyawan untuk mampu mengakses informasi tersebut secara cepat.Sehingga dibutuhkan suatu sistem aplikasi yang mampu memenuhi kebutuhan karyawan tersebut secara cepat dan realtime.Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa dan merancang suatu sistem yang dapat membantu karyawan untuk mengupdate data pribadi, melakukan pengajuan cuti, izin dan sakit, melihat saldo cuti, mengunduh rekap absen dan slip gajisetiap bulan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode waterfall, dimana terdapat 4 tahapan dalam pengembangan sistem yakni anlisis, desain, pengodean dan pengujian. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa perancangan sistem ESS yang dibuat mampu memudahkan karyawan untuk mengakses informasi dan hak-hak pribadinya dalam perusahaan sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan efektifitas dan mutu dalam pekerjaan. Kata kunci: Sistem Informasi, Waterfall, Emplyee Self Services

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: JM/SI. 20 007
NIM/NIDN Creators: 41815120109
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Waterfall, Emplyee Self Services
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.8 Computer Application for Office Management/Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:39
Last Modified: 24 Jun 2022 06:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/49921

Actions (login required)

View Item View Item