BARUDDIN, LA ODE MUHAMMAD AZDHAR (2019) ANALISIS PENGARUH KECEPATAN TERHADAP JARAK DAN WAKTU PENGEREMAN PADA MOBIL HYBRID URBAN KMHE 2018. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (JURNAL MAHASISWA)
ANALISIS PENGARUH KECEPATAN TERHADAP JARAK DAN WAKTU PENGEREMAN PADA MOBIL HYBRID URBAN KMHE 2018.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Failure in the braking system can be fatal and lead to accidents. Brake is one of the important factors in a vehicle which has function to slow down or stop the vehicle. There are 3 types of brake, namely mechanical brake, hydraulic brake and pneumatic brake. Because of the importance of brake function on the vehicle, it is needed depth study of brake performance. Therefore, the effect of speed on the braking of the KMHE 2018 hybrid car needs to be tested to determine the distance and time produced. The purpose of this study is to find out the braking distance, braking time and the relationship between speed and braking distance. the variations of speed is changing everytime started at 20, 30, and 40 Km/ Hour. This study used an experimental design and presented in descriptive form to the braking behavior of urban hybrid vehicles KMHE 2018. The force is given to press the brake pedal constant which is 80 N with varying speeds, and repeats the test 5 times for each speed variation. The results of the study were 20 km/ Hour braking distance of 2,08 m and 0,80 seconds, speed 30 Km/ hour distance of 5,05 m and the time is 1.20 seconds, speed of 40 Km/ h distance of 8,26 m and time 1,59 seconds. This shows that the vehicle speed is directly proportional to the distance and braking time. Where the higher the speed of the vehicle, the greater the distance and braking time. Keywords: speed, distance, brake, hydraulic brake, hybrid, KMHE Kegagalan pada sistem pengereman dapat berakibat fatal dan berujung pada kecelakaan. Rem merupakan salah satu faktor penting dalam kendaraan, yang berfungsi memperlambat atau menghentikan laju kendaraan. Ada 3 tipe jenis rem yang digunakan yaitu rem mekanik, rem hidrolis dan rem pneumatik. Karena pentingnya fungsi rem pada kendaraan perlu dilakukan kajian mendalam tentang performa kerja rem tersebut. Oleh karena itu, dilakukan pengujian pengaruh kecepatan terhadap hasil pengereman mobil hybrid KMHE 2018 untuk mengetahui jarak dan waktu yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui, jarak pengereman, waktu pengereman serta hubungan antara kecepatan dengan jarak dan waktu pengereman. Dimana variasi kecepatan berubahubah dimulai dari 20, 30, dan 40 Km/Jam. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen dan kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif terhadap perilaku pengereman kendaraan hibrida urban KMHE. Gaya yang diberikan untuk menekan pedal rem konstant yaitu 80 N dengan kecepatan bervariasi, dan pengulangan pengujian sebanyak 5 kali untuk masing-masing variasi kecepatan. Hasil penelitian kecepatan 20 Km/ Jam jarak pengereman 2,08 m dan waktu 0,80 detik, kecepatan 30 Km/Jam jarak 5,05 m dan waktu 1,20 detik, kecepatan 40 Km/Jam jarak 8,26 m dan waktu 1,59 detik. Hal tersebut menunjukan bahwa kecepatan kendaraan berbanding lurus dengan jarak dan waktu pengereman. Dimana semakin tinggi kecepatan kendaraan maka jarak dan waktu pengereman semakin besar. Kata Kunci: kecepatan, jarak, rem hidrolis, hybrid, KMHE
Actions (login required)
View Item |