MAHARANI, FRIZNA SEPTYA (2019) DESAIN PHOTOBOOK PROMOSI WISATA WARISAN BUDAYA TIONGHOA PASAR LAMA TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Cover TA.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4. Abstrak.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. Surat Pernyataan.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Surat Pengesahan.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Gambar.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Lampiran.pdf Download (103kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
9. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
||
Text (BAB II)
10. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
Text (BAB III)
11. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text (BAB IV)
12. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) |
||
Text (BAB V)
13. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) |
Abstract
Tangerang Old Market is one of the important and historical areas in the city of Tangerang. In Tangerang Old Market area there have acculturation of culture that is thick enough that is acculturation of Indo-Tionghoa culture. There are some interesting sights and potentially as a tourist visit of culture historical and religious tourism, but the community is less known there. So the design of this work aims to promote cultural and religious tourism in Tangerang Old Market by lifting elements of Chinese culture that exist there in the form of books, namely photobook. The method used is qualitative method with descriptive and analysis approach to collect data which is useful in design creation. Further data that have been collected are prepared and made in the design work. Design work is made in the form of photobook to look attractive and has its own uniqueness in conveying tourist information. The design of this book is entitled "The Cultural Heritage of Tionghoa in Tangerang Old Market". The purpose of the design of this book is to promote cultural and religious tourism by lifting elements of Chinese culture contained in the Tangerang Old Market. From the work of this book design, is expected to promote cultural and religious tourism places in the Old Market Tangerang. In addition, it can add cultural insight, so that the public know better and appreciate the diversity and acculturation of culture that exist in Indonesia, especially those in Tangerang. Key Words: Tangerang Old Market, Promotion, Tourism Pasar Lama Tangerang merupakan salah satu kawasan penting dan bersejarah yang ada di kota Tangerang. Di wilayah Pasar Lama Tangerang terdapat akulturasi budaya yang cukup kental yaitu akulturasi budaya Indo-Tionghoa. Ada beberapa tempat wisata yang menarik dan berpotensi sebagai kunjungan wisata budaya bersejarah dan wisata religi, tetapi masyarakat kurang banyak ketahui disana. Sehingga perancangan karya ini bertujuan untuk mempromosikan tempat wisata budaya dan religi yang ada di Pasar Lama Tangerang dengan mengangkat unsur budaya Tionghoa yang ada disana dalam bentuk buku, yaitu photobook. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan analisis untuk mengumpulkan data yang berguna dalam perancangan karya desain. Selanjutnya data yang telah terkumpul disusun dan dibuat dalam karya desain. Karya desain dibuat dalam bentuk photobook agar terlihat menarik dan memiliki keunikan tersendiri dalam menyampaikan informasi wisata. Desain karya buku ini berjudul “Warisan Budaya Tionghoa Pasar Lama Tangerang”. Maksud dari perancangan buku ini adalah untuk mempromosikan wisata budaya dan religi dengan mengangkat unsur budaya Tionghoa yang terdapat di Pasar Lama Tangerang. Dari hasil karya desain buku ini, diharapkan dapat mempromosikan tempat wisata budaya dan religi yang ada di Pasar Lama Tangerang. Selain itu dapat menambah wawasan budaya, sehingga masyarakat lebih mengetahui dan menghargai keragaman dan akulturasi budaya yang ada di Indonesia, khususnya yang ada di Tangerang. Kata Kunci: Pasar Lama Tangerang, Promosi, Wisata
Actions (login required)
View Item |